Tak Mau Kalah dengan Banser, Wanser NU Singgahan Tuban Siap Kawal Para Nyai

Tak Mau Kalah dengan Banser, Wanser NU Singgahan Tuban Siap Kawal Para Nyai

MusliModerat.net -  Wanita Banser (Wanser) menjadi salah satu satuan atau pasukan ormas NU yang diberi amanah menjaga dan mengembangkan serta mempertahankan Islam Ahlussunah Waljamaa'ah yang berada di Indonesia.

Seperti Wanser asal Kecamatan Singgahan, selain terkenal istiqomah menjaga kegiatan NU, mereka juga terkenal tangguh saat di lapangan. Sejumlah Wanser Singgahan yang cukup menonjol adalah Widad Nur Sosyidah, Shofiyatur R, Drurrotul F, dan Hidayatun. Mereka berempat aktif tergabung dalam Satuan Detasemen Wanser PC GP Ansor Kabupaten Tuban.

Dalam mengemban tugas dan satuannya, mereka selalu mengawal implementasi dari program NU beserta banomnya. Hal itu terlihat kegiatan peringatan keagamaan yang digelar NU.

"Kita ingin berkidmat terhadap NU, dan mengabdi terhadap masyarakat, lebih-lebih terhadap Bu Nyai (sebutan ulama/tokoh agama perempuan)," ucap Widad Nur Rosyidah kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (8/4).

Widad mengaku jika dirinnya beserta ketiga temannya, sudah hampir satu setengah tahun mengikuti kaderisasi di dateseman Wanser Kabupaten Tuban. Keberadaan Wanser tersebut terkadang menjadi daya tarik bagi setiap mata memandang. Terutama, pada kegiatan-kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh NU di Kabupaten Tuban.

Terpisah, Ketua Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kabupaten Tuban Ahmad Safi'i membenarkan, jika di Tuban selain Banser juga membentuk kaderisasi bagi wanita serbaguna (Wanser). Mereka tergabung yang ingin mengabdikan diri untuk NU di Kabupaten Tuban.

"Wanser di Tuban sudah ada sejak satu tahun lalu, bahkan sekarang ada 1 pleton 90-an Wanser yang dimiliki oleh PC Kabupaten Tuban," ucapnya.

Safi'i menyampaikan tugas pokok seorang Wanser ialah mempertahankan dan mengembangkan ajaran Islam Ahlussunah dan Jama'ah Annahdliyah. Selain itu, Wanser diberikan wawasan kebangsaan untuk tetap mempertahankan keberadaan NKRI bernama Indonesia.

"Mereka (Wanser) juga dibekali seperti banser. Jadi tidak dibedakan," timpalnya. (ahm/ian/bangsaonline.com)

Baca juga:

Apa Komentar anda?