Sabtu, 21 April 2018

Kuat dalam Iman, RA Kartini Tolak Pindah Agama

MusliModerat.net - Raden Ayu (RAy) Kartini yang dikenal sebagai tokoh emansipasi perempuan, ternyata juga seorang yang kuat memegang ajaran Islam, serta teguh menjaga imannya. Hal itu terlihat dari video yang diunggah laman facebook NU Online, Sabtu (21/4) siang.

Wakil Syuriah PWNU Jawa Tengah, KH Achmad Chalwani dalam video berjudul Kartini pun Mengaji mengungkapkan kuatnya RAy Kartini dalam Islam dan keimanan adalah saat temannya dari luar negeri mengirimkan surat dan meminta agar Kartini pindah agama. 

“Kartini, kamu anak cerdas. Kamu anak pandai. Kamu sebaiknya pindah agama saja, ikuti agama saya. Kamu sebetulnya tidak layak sebagai orang Islam,” kata Kiai Chalwani menirukan surat teman Kartini.

“Apa kata Kartini? Saya tidak mungkin pindah agama. Agama saya adalah agama tauhid, agama Islam,” lanjut Kiai Chalwani.

Sayangnya, kata Kiai Chalwani, sejarah ini tidak pernah diterangkan di sekolah-sekolah.

Sebelumnya dalam video produksi NU Online tersebut, Kiai Chalwani  mengawali cerita tentang Kartini, “Di Jepara, ada anak perempuan mengaji Al-Quran. Dia menjadi Pendekar Bangsa.”

Kartini juga merupakan cucu dari seorang tokoh bernama Kiai Madirono.

“Rama Kiai Madirono punya istri bernama Bu Aminah. (Bu Aminah) punya anak perempuan bernama Bu 'Asyiroh. (Bu 'Asyiroh) dinikahi Bupati Jepara, punya anak perempuan bernama Kartini,” kata Kiai Chalwani.

Kartini disebutkan sebagai perempuan cerdas yang juga rajin mengaji  Al-Qur’an. “Siapa yang mengajari Kartini? KH Sholeh Darat, Semarang,” kata Kiai Chalwani. 

Hingga berita ini diturunkan atau tak sampai dua jam sejak video berdurasi satu menit itu diunggah, telah diputar lebih dari 7.500 kali. Video juga mendapat lebih dari 2.370 respons, serta dibagikan lebih dari 1.110 kali. (Kendi Setiawan/NU Online)
Advertisement

Advertisement