Warga Jepang Masuk Islam di PBNU: Saya Mengenal Islam Sebagai Agama Yang Peduli Dengan Fakir Miskin

Warga Jepang Masuk Islam di PBNU: Saya Mengenal Islam Sebagai Agama Yang Peduli Dengan Fakir Miskin

MusliModerat.net - Jumat, 6 Januari 2017, dua orang warga Jepang tersebut diketahui bernama Tatsunori Hoshi dan Ohnuma Yoka. Niatan Tatsunori dan Ohnuma memeluk Islam. Waktu itu niat mereka disambut baik oleh Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj.  Doktor lulusan Universitas Ummul Qura Makkah ini lalu menuntun satu persatu dari mereka untuk melafalkan dua kalimat syahadat.

Ohnuma Yoka yang sudah satu tahun tinggal di Indonesia menerjemahkan syahadat dengan bahasa Indonesia, sementara Tatsunori Hoshi dengan bahasa Jepang.

Dikutip dari laman nu.or.id, keduanya tidak merubah nama asli mereka sesaat setelah menjadi muallaf. Kiai Said hanya menambah nama Ali untuk Tatsunori Hoshi sehingga menjadi Ali Tatsunori Hoshi, dan nama Sholehah untuk Ohnuma Yoka sehingga menjadi Ohnuma Sholehah Yoka.

Alasan Ohnuma masuk Islam sangat sederhana, ia tertarik pada Islam atas kesadarannya sendiri. Tak ada paksaan dari siapapun, ia melihat bahwa Islam adalah agama yang menekankan nilai persaudaraan.


“Selama satu tahun saya tinggal di Indonesia, saya mengenal Islam sebagai agama yang peduli dengan fakir miskin,” kata Ohnuma.

“Orang tua saya tidak mempermasalahkan saya masuk Islam,” tuturnya. []

Baca juga:

Apa Komentar anda?