Jumat, 09 Maret 2018

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Orang Indonesia Pertama yang Jadi Imam Masjidil Haram

MusliModerat.net -  Masjidil Haram merupakan salah satu tempat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Hal yang sangat istimewa pula jika seseorang bisa menjadi imam besar Masjidil Haram.

Syeikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi mungkin masih sangat asing di telinga kita. Padahal, beliau merupakan warga negara Indonesia pertama yang pernah menjadi imam besar Masjidil Haram. Ahmad Khatib juga dikenal sebagai salah satu guru besar berpengaruh di Mekkah.

Lantas siapa Ahmad Khatib sebenarnya?



Syeikh Ahmad Khatib merupakan anak dari Abdul Lathif dan cucu dari Abdullah, tokoh ulama ternama di Koto Gadang, Sumatera Barat. Ayah dan kakeknya inilah yang pertama kali mengajarkan Islam secara mendalam pada Ahmad Khatib.

Di umur yang masih belia, Ahmad Khatib juga telah menunjukkan kemampuannya yang luar biasa, termasuk menghafal Al-Qur’an. Tak hanya belajar mengenai Islam, Ahmad Khatib juga belajat di sekolah formal, Kweekschool. Di umur 9 tahun, beliau telah berangkat haji karena ajakan sang ayah.

Saat berhaji itulah, Ahmad Khatib kemudian memutuskan untuk menetap di Mekkah, sementara ayahnya kembali ke Indonesia. Selama di Mekkah, ia menimba ilmu kepada para ulama hebat dan dikenal sebagai sosok yang memiliki rasa ingin tahu besar.

Dari sinilah Syeikh Ahmad Khatib kemudian dikenal sebagai sosok berilmu yang mengerti segala hal tentang Al-Qur’an. Kehebatannya ini pun terbukti dengan diangkatnya Ahmad Khatib sebagai imam besar di Masjidil Haram.

Posisi ini bukanlah posisi yang mudah didapatkan. Hanya orang-orang hebat, berilmu dan terpilih saja yang bisa memimpin shalat jamaah di Masjidil Haram.

Syeikh Ahmad Khatib bukan hanya menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi imam besar Masjidil Haram, tapi juga menjadi imam non Arab pertama yang memimpin shalat di masjid terbesar di dunia ini.

Tak berhenti sampai disitu, Syeikh Ahmad Khatib juga merupakan guru besar yang ilmunya diburu. Tak sedikit pemuka agama yang ingin belajar darinya. K.H. Hasyim Asy’ari dan K.H. Ahmad Dahlan merupakan ulama besar yang pernah menimba ilmu pada Syeikh Ahmad Khatib.[suratkabar.id]
Advertisement

Advertisement