Lima Hal yang Membantu Anak Agar Berbakti Pada Orang Tua

Lima Hal yang Membantu Anak Agar Berbakti Pada Orang Tua

MusliModerat.net - Adil terhadap setiap anak akan memunculkan bakti mereka. Sedangkan lebih memprioritaskan satu anak daripada yang lain akan membuat mereka durhaka dan menabur benih-benih perselisihan di antara mereka.

Diriwayatkan dari Nu’man bin Busyair, ia berkata : “ayahku memberiku hadiah. Kemudian ibuku Amrah bin Rawahah berkata : datanglah kepada Nabi dan mintalah persaksian!. Kemudian ayah mendatangi Nabi saw dan menceritakan hal tersebut kepada beliau saw. Nabi saw berkata : apakah kamu punya anak lain selain dia?, ia berkata ‘Ya’. Apakah kamu memberi mereka apa yang kamu berikan kepada Nu’man? ‘Tidak’. Lalu Nabi berkata : pulanglah! Aku tidak akan bersaksi atas keburukan.”

Dalam riwayat lain dikatakan “tidakkah membuatmu bahagia jika mereka semua berbakti dan mengasihimu?” ia berkata ‘Ya’, lalu Nabi SAW berkata “maka persaksikanlah hal tersebut kepada orang lain”.

Ketiga: mendoakan anak.


Sesungguhnya hal yang bisa membantu anak untuk berbuat baik adalah mendoakan mereka agar mendapatkan bimbingan dan kebaikan. Ini adalah kebiasaan para Nabi seperti yang telah al-Qur’an jelaskan.

Nabi Ibrahim AS berkata : ” رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ” QS al-Shaffat [37]: 100, dan

 “ وَاجْنبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نعْبُدَ الْأَصْنامَ” QS Ibrahim [14]: 35.

Nabi Zakariya AS berdoa : “ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعاءِ” QS Ali Imron [3]: 38, dan seorang mukmin hendaklah berdoa :

 “ رَبَّنا هَبْ لَنا مِنْ أَزْواجِنا وَذُرِّيَّاتِنا قرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنا لِلْمُتَّقِينَ إِماماً“ QS al-Furqon [25]: 74.

Rasulullah saw bersabda : “tiga doa yang pasti akan dikabulkan adalah : doa orang yang terzalimi, doa seorang musafir, dan doa orang tua kepada anaknya”

Rasulullah saw juga bersabda : “janganlah kalian mendoakan keburukan kepada diri kalian sendiri, anak-anak kalian, pembantu-pembantu kalian, dan harta kalian. Karena kalian tidak tahu kapan Allah swt menurunkan “pemberian”, dimana doa kalian akan dikabulkan.”

Keempat: Mendidik mereka dengan pendidikan Islam.

Pendidikan Islam akan membantu mereka untuk berbakti kepada orang tua, serta mendidik dan menuntun mereka kepada kebaikan.

Kelima: Jangan paksakan apa yang ia tidak mampu.

Jika anda ingin merasakan kebaikan dari anak anda maka jangan memaksakan sesuatu yang mereka tidak mampu lakukan. Seorang ibu yang meminta anaknya untuk menceraikan istrinya, ia telah melakukan pemaksaan atas sesuatu yang tidak ia mampu lakukan. Seorang ibu yang mendoakan anak perempuannya agar memutuskan hubungan dengan suaminya, ia juga telah melakukan paksaan atas sesuatu yang dia tidak mampu jalankan. Seorang ayah yang mencaci maki anaknya dan menjelek-jelekkannya di depan teman-temannya juga telah membebankan sesuatu yang ia tidak mampu hadapi. Semua contoh di atas akan menyebabkan kedurhakaan.

Allah swt berfirman :

” لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْساً إِلاَّ وُسْعَها” QS al-Baqarah [2]: 286, dan orang mukmin berdoa kepada tuhan mereka dengan : ” رَبَّنا وَلا تُحَمِّلْنا مَا لا طاقَةَ لَنا بِهِ” QS al-Baqarah []: 286.

[Harakatuna]

Baca juga:

Apa Komentar anda?