Sabtu, 17 Maret 2018

Haul ke-1 Almaghfurlah KH Hasyim Muzadi, Al-Fatihah ...

MusliModerat.net - Kemarin, 16 Maret 2018 adalah tepat Haul Pertama KH Hasyim Muzadi, beliau lahir di Tuban, Jawa Timur, 8 Agustus 1944 – meninggal di Malang, 16 Maret 2017 pada umur 72 tahun.

Kiai Hasyim adalah seorang tokoh Islam Indonesia dan mantan ketua umum Nahdlatul Ulama yang menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015.[1] Ia juga pernah menjadi pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam di Malang, Jawa Timur, sebelumnya dia sempat mengenyam pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor (1956-1962).

Sosok KH Hasyim Muzadi dikenal sebagai tokoh moderat dan toleran, yang selalu berpegang teguh dengan prinsip-prinsip agama. Bagiku, beliau sosok teladan yang baik. Pandangan, pemikiran, sikapnya mampu memberi pencerahan, mampu memecah kebuntuan dan menyederhanakan masalah yang besar.

Mantan Ketua Umum PBNU itu telah meninggalkan banyak kenangan bagi bangsa Indonesia. Beliau telah banyak menorehkan tinta emas di dunia Islam, namanya harum di kanca Internasional membawa nama bangsa Indonesia. Kiai Hasyim merupakan sosok ulama besar Indonesia yang punya sikap negarawan. ‎

Semoga kedepan generasi Muda Nahdlatul Ulama dapat meneladani beliau.

Selamat jalan KH Hasyim Muzadi, jasa-jasamu akan selalu kami kenang, semoga Allah SWT  memberi balasan yang terbaik untuk Kiai Hasyim dan Allah menempatkan di surga terbaik-Nya. Amiinn..

Teruntuk beliau, alfaatihah ..
Advertisement

Advertisement