Belajar dari Kisah Nabi Yunus, Jangan Terlalu Fokus pada Solusi Ketika Tertimpa Masalah

Belajar dari Kisah Nabi Yunus, Jangan Terlalu Fokus pada Solusi Ketika Tertimpa Masalah

Ilustrasi
MusliModerat.net -Nabi Yunus AS ketika ditelan bulat-bulat oleh ikan paus maka ikan tersebut membawa nabi mulia tersebut kedalam 3 kegelapan sekaligus:

1. Gelapnya malam
2. Dalamnya dasar lautan
3. Gelapnya perut ikan paus

Kebayang ga ? Gimana gelapnya saat itu.

Nabi Yunus As sendirian dan tidak bisa melihat dirinya sendiri lantaran gelap yang menyelimutinya. 
Namun, dengarkan ini! Ia tidak ketakutan akan meninggal di sana, kegelapan, kekurangan makanan, dll (fokus masalah). Ia juga tidak fokus kepada bagaimana cara keluar dari dalam ikan tersebut, bagaimana jika merobek perut ikan, bagaimana ini dan itu (fokus solusi). Namun ia fokus kepada Allah.

Ia merenung, menyadari kekhilafannya bahwa merasa diri bisa merubah keadaan kaumnya. Ia berfokus memperbaiki diri, membenahi tauhidnya dalam kegelapan, meninggikan Allah dan merendahkan diri dihadapan-Nya dan mengakui kesalahannya.

"...maka Yunus bermunajat dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim.”

Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Anbiya’: 87-88)

"Maka Yunus ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang "banyak mengingat Allah", niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit".(Qs. Ash-shaffat: 142-144)

Jika Sahabat ingin mengundang pertolongan Allah dari jalan yang tidak diduga-duga maka jangan berfokus kepada masalah dan jangan terlalu fokus kepada solusi namun yang paling diutamakan adalah JUST FOCUS ON ALLAH.

Banyak mengingat Allah dan beramal shalih.

Baca juga:

Mereka yang mau memberontak negara tapi berlindung dibalik Kalimat tauhid, Khawarij namanya

Mereka yang mau memberontak negara tapi berlindung dibalik Kalimat tauhid, Khawarij namanya

Apa Komentar anda?