Banser Makin Dibully Makin Dicinta

Banser Makin Dibully Makin Dicinta

MusliModerat.net - ALLAH itu sayang sekali kepada BANSER NU. Lho saya sampai terheran heran, di Riau ini DIKLATSAR (pendidikan dasar anggota Banser) itu bisa terjadi setiap bulan. Artinya dalam satu bulan ada sedikitnya 100 sampai 200 Banser baru.

Saat membuka DIKLATSAR Banser Rohul Jumat kemarin, seorang wartawan bertanya apa yang membuat banyak sekali orang antusias menjadi Banser? Saya pun spontan menjawab, “Hati hati anak anak muda itu digerakkan oleh Allah. Mereka dipilih Allah untuk menjadi Banser,” jawabku.

Aku jujur tidak punya jawaban lain, sebab menjadi Banser itu bukan mudah. Mendaftar saja sudah harus bayar, Diklatsar Banser digelar 3 sampai 4 hari di pesantren atau di komplek sekolah Islam, masjid dll. Tidurnya bisa hanya beralas ubin, atau bahkan seperti di Rohul pasti tidur di tenda, bukan di hotel atau wisma.

Selama Diklat digembleng fisik dan spiritual oleh pelatih dan Kyai kyai NU. Diajak menjadi insan yang baik yang taat kepada Allah. Menjadi Banser berarti juga seperti masuk “pesantren” kehidupan. Belum lagi sesudah Diklatsar harus membeli seragam sendiri, sebagian besar mereka kredit, berhutang untuk seragam lengkap senilai Rp 600 ribuan.

Tidak akan kuat jika menjadi Banser bukan karena panggilan nurani, hati yang paling dalam yang “disentuh” oleh yang MAHA MEMBOLAK BALIKKAN HATI.

Bukti kecintaan Allah kepada Banser, selalu saja ada aksi aksi simpatik dari ibu ibu di sekitar lokasi Diklatsar. Saya bulan kemarin di Dumai, mendengar sendiri, ibu ibu membuat dapur umum untuk makan Banser. Bahkan ada seorang jamaah menyumbang satu ekor kambing untuk kegiatan Diklat Banser..Subhanallah… selama tiga hari bisa dipastikan semua kebutuhan konsumsi Banser cukup tanpa membayar sepeser pun.

Saya kerap terharu melihat anak anak muda itu berbaiat menjadi Banser. Di tengah pagi buta menjelang subuh, berikrar setia kepada ISLAM ASWAJA, NU dan NKRI. Bersemboyan NKRI harga Mati, terpatri dalam dada setiap Banser. Saya menangis, ketika melihat anak anak muda itu hormat kepada Merah Putih lalu menciumnya. Ini benar benar pendidikan bela negara yang bahkan negara saja tak mampu melaksanakannya se massif BANSER.

Melihat semua fenomena itu, saya tambah yakin semakin orang membully Banser, semakin Allah mencintainya. Karena apa? karena Ansor Banser didirikan oleh para aulia, ulama yang ikhlas berjuang untuk agama dan NKRI. Doa doa mereka senantiasa menjadi energi dan cinta bagi Ansor dan Banser.

Dan…akhirnya, percayalah ini tariqat (jalan) kami, yqng kami pilih dan Allah pilihkan untuk kami. Akan kami pegang teguh, tidak kami mundur selangkah pun… Bismillah, insyaAllah…

Ujung Batu, Diklatsar Banser XII
PESERTA 200 an orang

(suaraislam)

Baca juga:

Apa Komentar anda?