Menag: Tawasuth dan Tasamuh adalah DNA NU

Menag: Tawasuth dan Tasamuh adalah DNA NU

Menag: Tawasuth dan Tasamuh adalah DNA NUMusliModerat.net - Menteri Agama Republik Indonesia H Lukman Hakim Saifuddin memaparkan tentang NU yang mampu bertahan sampai usia 92 tahun. 

Menurutnya, karena DNA NU adalah tawasuth (moderat) dan tasamuh (toleran). Di sisi lain, NU juga selalu memegang tiga prinsip persaudaraan, yaitu persaudaraan sesama umat Islam, persaudaraan sesama anak bangsa, dan persaudaraan sesama umat manusia.

"Dan itulah yang menjadi DNA NU sehingga kemudian Indonesia bersyukur karena NU merupakan jati diri dan eksistensi bangsa ini tetap terjaga dan terpelihara," jelasnya usia menghadirkan peringatan Harlah NU yang ke-92 Nahdlatul Ulama di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jalan Dan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (31/1).

Menurut Lukman, dalam menghadapi tantangan di era globalisasi dengan kemajuan teknologi informasi ini, maka semakin penting keberadaan nilai-nilai yang senantiasa diajarkan NU, yaitu moderat, toleran, menjunjung persaudaraan, dan mencintai tanah air.  

"Jadi di mana pun nahdliyin dan kaum santri. Mereka tidak bisa dilepaskan dari nilai-nilai kebangsaan karena kecintaaannya yang sedemikian besarnya," katanya. 

Ia melanjutkan, kecintaaan kepada negara harus senantiasa dipelihara mengingat era globalisasi, pasar bebas, dan maraknya media sosial. Hal itu kalau tidak disikapi secara arif, katanya, maka bisa menggerus eksistensi bangsa di tengah-tengah kemajemukan yang harus senantiasa menjaga persatuan. 

"Maka di sini lah urgensi, relevansi, dan eksistensi NU yang tetap diharapkan mampu berada di tengah-tengah kita dan menebarkan nilai-nilai yang selama ini diperjuangkan," pungkasnya. (Husni Sahal/Fathoni/NU Online)

Baca juga:

Bagaimana Menyikapi Habib Bahar?

Bagaimana Menyikapi Habib Bahar?

Apa Komentar anda?