Kamis, 01 Februari 2018

Kalah di Negara Sendiri, Bahasa Indonesia Sudah Jadi Mata Kuliah di Luar Negeri

MusliModerat.net - Indonesia sekarang tidak hanya terkenal karena keindahan alamnya saja, ternyata bahasanya juga sudah mendunia. Buktinya di beberapa universitas luar negeri sudah menerapkan bahasa negara kita ini menjadi salah satu mata kuliah wajib. Dan negara yang menggunakan Bahasa Indonesia di kampusnya kebanyakan adalah kawasan benua Asia dan Australia.
Hal tersebut menjadi apresiasi bagi bangsa kita. Bukan hanya karena diterapkan saja, tapi ternyata mereka membuka pengajaran Bahasa Indonesia atas biaya dan keinginan sendiri. Wah, sungguh luar biasa ya. Sebenarnya universitas mana sih yang ada mata kuliah Bahasa Indonesianya?

University of Shouthern Queensland, Australia

Kampus yang cukup terkenal di Australia ini tak disangka mengadakan mata kuliah Bahasa Indonesia. Ini disebabkan karena di Negara Kangguru tersebut alat komunikasi yang berasal dari Indonesia itu menduduki peringkat 4 sebagai bahasa terpopuler. Jadi diadakanlah mata kuliah yang bernama Bachelor of Arts (Indonesian Language).
University of Shouthern Queensland [image source]
Mata kuliah ini ternyata mempelajari semua hal yang berkaitan dari Bahasa Indonesia. Mulai dari kosa kata, struktur penulisan, membaca, menulis hingga cara berbicara yang baik dan benar. Untuk kegiatan belajar mengajarnya nggak hanya dilakukan dengan cara baca buku aja, ternyata juga lewat majalah dan referensi lain yang lagi populer di sana.

Hong Bang University, Vietnam

Negara yang tak jauh dari Indonesia ini ternyata juga membuka mata kuliah Bahasa Indonesia. Dan kampus yang pertama kali mengadakan adalah Hong Bang University. Pelajaran yang dibahas juga berkaitan dengan dasar-dasar penggunaan Bahasa Indonesia. Misalnya aja seperti mengenal kosa kata, membaca dan menulis.
Hong Bang University [image source]
Pembukaan mata kuliah Bahasa Indonesia bukan tanpa sebab. Ini karena Pemerrintah Kota Ho Chi Minh mengumumkan kalau alat komunikasi tersebut resmi menjadi bahasa kedua di Negara Vietnam. Selain itu juga sudah dianggap sejajar dengan bahasa dari negara lain yang terkenal.

Tokyo university of Foreign Studies, Jepang

Salah satu universitas di Jepang ini terkenal di seluruh dunia dalam bidang bahasa asing. Sampai saat ini 26 bahasa asing sudah ada di universitas tersebut. Dan salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Di sana, alat komunikasi tersebut dikaji dari berbagai aspek. Misalnya aja dari sejarah sampai cara berbicara yang benar.
Tokyo University [image source]
Walaupun sepele, tapi ternyata sulit untuk masuk ke program Bahasa Indonesia itu. Harus melewati tes yang cukup ketat dan wawancara juga. Dan yang diterima sedikit sekali, hanya 18 orang aja dalam kurun waktu setahun.

Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan

Negara yang sangat digandrungi oleh remaja Indonesia ini ternyata juga memiliki ketertarikan pada Bahasa Indonesia. Karena itulah di Hankuk University of Foreign Studies ini mengadakan jurusan yang membahas tentang Bahasa Indonesia. Tidak hanya satu, ternyata dua jurusan dibuka khusus untuk mempelajari salah satu warisan budaya Indonesia ini. Jurusan tersebut bernama Department of Malay-Indonesia in College of Oriental Language dan Department of Malay-Indonesia Interpretation College of Translation.
Hankuk university [image source]
Menariknya lagi di sana nggak hanya jadi mata kuliah aja. Bahasa Indonesia juga dijadikan sebagai bahan lomba. Lomba yang dimaksud adalah berpidato yang pesertanya hanya boleh berasal dari warga Korea Selatan saja. Dan ternyata peminatnya untuk mengikuti pertandingan tersebut cukup tinggi.

Bahasa Indonesia perlahan-lahan akan dikenal di seluruh penjuru dunia. Walaupun baru beberapa negara saja yang menerapkan, tapi itu tak jadi masalah. Hal ini bisa menjadikan alat komunikasi tersebut dapat sejajar dengan bahasa-bahasa asing yang telah mendunia terlebih dahulu. Selain itu bisa dikatakan bahwa Bahasa Indonesia ini telah diminati oleh negara-negara lain.[boombastis.com]
Advertisement

Advertisement