Jusuf Kalla Ingatkan Ulama Tidak Boleh Kampanye Politik di Masjid

Jusuf Kalla Ingatkan Ulama Tidak Boleh Kampanye Politik di Masjid

MusliModerat.net - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengingatkan para ulama di Tanah Air untuk tidak melakukan kampanye poltik di dalam masjid. Karena ketentuan ini sudah tertuang dalam undang-undang.

“Itu undang-undang tidak boleh (kampanye di dalam masjid),” ujar Jusuf Kalla usai mengikuti kajian dhuha di Masjid Sunda Kelapa, Ahad (4/2).

Jusuf Kalla mengatakan, jika para ulama berbicara tentang ayat al quran dan hadits yang berhubungan dengan politik sebagai pengetahuan, maka diperbolehkan. Asalkan isi ceramah tersebut tidak memihak pada kubu politik manapun dan tidak dalam konteks kampanye.

“Kalau ceramahnya tidak memihak, artinya hanya bicara tentang ayat Alquran dan hadis yang berhubungan dengan politik ya tentu sebagai pengetahuan. Tidak dalam hal kampanye,” tegas Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla menegaskan, memberikan pengetahuan tentang politik sesuai referensi Alquran dan hadis tidak termasuk kategori kampanye. Menurutnya, hal yang dilarang adalah jika para ulama melakukan kampanye politik di dalam masjid.

“Kalau hanya begitu sebagai referensi pengetahuan melalui Alquran itu tidak masuk dalam kampanye, yang dilarang itu kampanye,” ujar Jusuf Kalla.[p]

Baca juga:

Bagaimana Menyikapi Habib Bahar?

Bagaimana Menyikapi Habib Bahar?

Apa Komentar anda?