Kamis, 15 Februari 2018

Hadlratus Syaikh KH Hasyim Asyari Lahir di Hari Kasih Sayang, 14 Februari 1871

MusliModerat.net - Ada apa di 14 Februari?

Tepat hari ini, 14 Februari. Bukan tentang valentine day atau hari kasih sayang, namun lebih dari itu, khususnya bagi warga NU. Apakah kalian semua tau hari ini adalah hari dimana Hadratussyaih KH Hasyim Asy’ari dilahirkan?

Sepertinya banyak yang tidak tahu, Beliau lahir tepat hari ini 14 Februari 1871 M bertepatan dengan 24 Dzulqo’dah 1287 H di desa Gedang, Jombang.

Nama kecilnya adalah Muhammad Hasyim dan kemudian dikenal dengan nama Kyai Hasyim Asy’ari.


Sejarah besar bagi warga Nahdliyyin ini harus diketahui banyak orang, bukan untuk turut merayakan atau memuja hari kelahiran sang pendiri NU tersebut, namun untuk muhasabah, bahwa hari ini di 147 tahun yang lalu lahir seorang yang benar-benar menjadi rujukan umat Islam dimasa kini, khususnya warga Nahdlatul Ulama.

Hasyim Asy’ari kecil hidup di lingkungan pesantren yang syarat dengan keagamaan, namun itu tak mengurangi kecerdasan intelektualnya. Bahkan pemikiran intelektualnya semakin tajam. Ia turut serat merasakan pahit getirnya masa penjajahan. Hingga berhasil menggerakkan masyarakat kecil untuk bangkit melawan penjajah.

Kini jasa beliau amatlah sangat penting dalam memperjuangkan kemerdekaan. Hingga saat ini jam’iyah yang didirikannya masih kokoh sebagai wadah umat Islam di Indonesia, dan semangat perjuangan beliau masih dikobarkan dan diteruskan oleh generasi penerus hingga sekarang.

Khususon ila Hadratussyaih KH Hasyim Asy’ari… Al Fatihah….l
Advertisement

Advertisement