Jumat, 23 Februari 2018

8 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bisa Menolak Datangnya Rezeki

MusliModerat.net - Allah SWT telah menjamin setiap umatnya atas rezeki yang ia dapatkan setiap saatnya. Setiap insan telah memiliki takaran rezekinya masing-masing. Bahkan seekor cicak di dinding dan cacing di bawah tanah pun telah mempunyai rezekinya masing-masing.

Apalagi seorang manusia yang diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya dengan akal dan pikiran yang dimilikinya. Tentulah Allah SWT telah membuka pintu rezeki-Nya. Tinggal bagaimana manusia tersebut mampu mencari kunci untuk membuka pintu-pintu rezeki tersebut.

Namun ternyata, ada beberapa hal kebiasaan sehari-hari manusia yang tidak disadari jusrtu dapat menyebabkan ditolaknya rezeki. Inilah kebiasaan-kebiasaan manusia yang disinyalir dapat memboikot pintu rezekinya dilansir dari laman Sholiha.

Kebanyakan Mengeluh
Kebiasaan kurang bersyukur menyebabkan banyak keluhan-keluhan terucap atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Hal tersebut tentu menghambat datangnya rezeki.

Materialistis Alias Matre
Kebiasaan bersikap matre dapat membuat manusia mendewakan harta di atas segala-galanya. Hal ini tentu saja bisa menjerumuskan manusia tersebut pada syirik, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.

Makan Makanan Haram
Ternyata mengonsumsi makanan haram tersebut bisa menjadi salah satu kebiasaan yang tanpa disadari dapat menolak rezeki dari Allah Allah SWT. tubuh yang tumbuh dengan makanan haram, maka tidak akan malu untuk melakukan perbuatan yang diharamkan pula ketika mencari rezeki.

Terlalu Fokus Pada Dunia

Dengan kesibukan mereka berfokus kepada dunia, membuat mereka lupa menabung amalan kebaikan untuk di akhirat kelak. Padahal kebiasaan yang demikian ini menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki. Bagaimana Allah akan memberikan rezeki-Nya sementara kita tidak pernah mengingat-Nya dan mengerjakan segala perintah-Nya.

Tak Menjaga Badan
Kebiasaan mengabaikan kesehatan badan ini menandakan bahwa ia tidak menjaga karunia dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Kebanyakan Gosip
Ketika bergosip, berarti orang tersebut telah menghabiskan waktu untuk mencela dan mempergunjingkan kehidupan orang lain. Ternyata kebiasaan ini tanpa disadaari bisa menjaadi salah satu tanda bahwa kita menolak rezeki dari Allah SWT.


Penggerutu dan Suka Marah
Orang yang gemar menggerutu biasa selalu merasa tidak puas dan tidak bisa memaafkan kesalahan orang lain. Bahkan ia bisa marah-marah sepanjang waktu karena merasa tidak puas dengan kondisi yang tengah dialami.

Riya dan Suka Pamer
Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang suka memamerkan harta, benda dan amalan kebaikan yang dilakukannya. Hal ini dilakukan demi untuk mendapatkan pujian dari sesama manusia. Ia melakukan sedekah, shalat, haji dan ibadah lainnnya semata-mata hanya untuk ditunjukkan kepada manusia. Padahal seharusnya semua perbuatan tersebut harus diniatkan untuk ditujukan kepada Allah SWT.

Itulah bebrapa kebiasaan yang tidak disadari oleh seseorang namun dianggap bisa menghambat datangnya rezeki. Meski terlihat sepele, namun kebiasaan tersebut berpengaruh besar dalam segi kehidupan. []
Advertisement

Advertisement