Sabtu, 30 Desember 2017

Terkecoh ‘Kartun Pesawat FPI’, Banyak Orang Awam dengan Teknologi Animasi

MusliModerat.net -  Sebuah pesawat, mirip Boeing 737-800, dengan ekor bertulisankan FPI, badan pesawat tertulis Imam Besar Umat Islam Indonesia, ditambah foto Habib Muhammad Rizieq Shihab mendarat dengan mulus. Terdengar lagu Ya Ahlal Wathon – Hubbul Wathon Minal Iman Karya, KH Abdul Wahab Chasbullah mengiringi pendaratan tersebut.


Tidak jelas, apakah lokasi itu berada di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta, atau tempat lain di Indonesia. Yang jelas, sang pembuat animasi itu memberikan tulisan di bawahnya ‘Rindu Kampung Halaman, Sepi Penjemputan’.

“Kreasi ini menarik,  saking menariknya tidak sedikit yang terkecoh. Banyak orang percaya bahwa Habib Rizieq sudah pulang ke tanah air dengan pesawat pribadi, milik FPI. Ini menunjukkan betapa banyak pengguna medsos yang belum mampu membedakan mana animasi mana sungguhan,” kata Eko Pumuji, anggota Dewan Pendidikan Jawa Timur, kepada duta.co, Sabtu (30/12/2017).


Belakangan memang beredar video yang isinya pesawat FPI sedang landing. Video itu viral melalui gru-grup WhatsAap. Ironisnya, banyak orang yang mempercayai sebagai fakta. Ini sama viralnya dengan video-video rekayasa yang beredar di youtube sekarang ini.

“Agar orang awam tidak mudah tertipu, maka, perlu bedah kecanggihan teknologi. Memahami rekayasa teknologi ini penting sehingga orang tidak menjadi gumuman. Sekarang ini orang bisa membuat apa saja dengan tekonologi, bagi anak-anak sekarang sudah tidak asing, tapi bagi generasi jadul, bisa tertipu,” jelasnya. (mky/duta.co)
Advertisement

Advertisement