NU dan Ansor, Harapan Penyelamat Bangsa

NU dan Ansor, Harapan Penyelamat Bangsa

MusliModerat.net - Seluruh komponen bangsa khususnya Nahdlatul Ulama dan lebih khusus lagi yakni Gerakan Pemuda Ansor memiliki tanggungjawab besar meredam gerakan radikal. Karenanya, pemahaman terhadap sejarah bangsa harus dimiliki.

Hal tersebut disampaikan Kiai Nasa’i pada kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar atau PKD) angkatan kedua yang diselenggarakan Pengurus Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Ganding Sumenep Madura. Kegiatan dilangsungkan di Aula Pondok Pesantren Al-Karomah Desa Telaga dan berlangsung sejak 21 hingga 22 Desember.  

Kiai Nasa’i yang juga sebagai Wakil Ketua MWC NU Ganding  mengingatkan peserta bahwa negara hari ini penuh dengan ancaman. “Perlu kita sadari bersama bahwa hari ini negara kita terancam oleh gerakan radikalisme dari berbagai sisi,” katanya, Kamis (21/12). Dan satu-satunya yang menjadi harapan untuk menyelamatkan bangsa ini adalah NU terutama para pemuda Ansor, lanjutnya.

Sementara Ketua PAC GP Ansor Ganding, Fauzan sangat berharap peserta mengetahui dan memahami peran NU dalam kemerdekaan Republik Indonesia yang hingga hari tetap berdiri tegak. “Saya berharap besar kepada seluruh peserta untuk mengetahui tentang sejarah Indonesia dan peran penting NU dalam kemerdekaan bangsa ini,” jelasnya.

Sedangkan M. Muhri sebagai Ketua PC GP Ansor Sumenep menyampaikan bahwa kaderisasi ditubuh Ansor harus tetap dilakukan untuk melahirkan kader militan dan mampu memperjuangkan nilai luhur dengan pola fikir ala NU. 

“Kaderisasi di tubuh Ansor ini sangat penting untuk melahirkan kader militan dan paham akan visi dan misi yang diperjuangakan GP Ansor,” kata Muhri. Baginya, mengaku diri sebagai NU hari ini tidak cukup dengan beramaliah, akan tetapi juga harus berfikrah dan berharakah an-Nahdliyah, lanjutnya. 

Kegiatan ini diikuti peserta yang merupakan perwakilan dari pimpinan Ranting NU se-Kecamatan Ganding. Pada pembukaan dihadiri Ketua PC GP Ansor Sumenep, Wakil Ketua MWC NU Ganding, Sekretaris MWC NU Ganding, Ketua PAC GP Ansor Ganding, Sekretaris Kecamatan dan perwakilan Kapolsek Ganding.  (Moh. Kholid/Ibnu Nawawi/NU Online)

Baca juga:

Mereka yang mau memberontak negara tapi berlindung dibalik Kalimat tauhid, Khawarij namanya

Mereka yang mau memberontak negara tapi berlindung dibalik Kalimat tauhid, Khawarij namanya

Apa Komentar anda?