Rabu, 27 Desember 2017

Kiai Anwar Zahid vs Muballigh Selebritis Medsos

MusliModerat.net - Saya senang dengan gayanya Kiai Anwar Zahid yang kalo ceramah tidak meledak-ledak, cenderung standar saja. Logatnya Jawanya khas dan bisa diterima disemua lapisan masyarakat. Tapi saya amati, gaya Kiai Anwar Zahid, susah menjadikannya sebagai muballigh selebritis medsos seperti GN dan saya yakin itu bukan cita-citanya.

Muballigh Selebritis Medsos, rata-rata gayanya meledak-ledak, cenderung kontroversial. Kalo meledak-ledaknya didasari oleh ilmu dan agak kontroversial, menurut saya masih bisa diterima karena perbedaan sudut pandang. 

Tapi yang agak merepotkan adalah ketika keterkenalannya dinikmati sebagai anugerah dan harus dijaga agar tetap terkenal. Maka adalah sebuah ungkapan dalam bahasa Arab Kholif Tu'rof yang maksudnya berbedalah, maka kau akan terkenal. Yang penting berbeda, walaupun perbedaan itu menunjukkan ketidakpahamannya yang penting terkenal. Terkenal dan atau menjaga keterkenalannya dengan cara seperti ini, kelak pada suatu saat akan menjungkalkan dirinya ke dalam kehinaan.

Agus M Zaki, Status Facebook
Advertisement

Advertisement