Sabtu, 18 November 2017

Tahukah anda? Sistem Khilafah Bukan Syariat dalam Islam

MusliModerat.net - Penulis buku keagamaan dan keislaman Muhammad Makmun Rasyid menegaskan bahwa khilafah bukan merupakan syariat dalam Islam. Hal ini disampaikan Makmun saat menjadi narasumber pada Diskusi dan Bedah Buku akhilafah di lantai tiga Perpustakaan Univeristas Lampung (Unila), Bandar Lampung, Senin (28/8).

"Khilafah itu dalam sistem perpolitikan Islam tidak kuat sama sekali. Khilafah itu bukan syariat. Syariat itu murni dari Allah dan Nabi Muhammad. Syariat itu dari fiqih. Bagaimana mungkin sebuah sub menjadi sebuah inti," katanya.

Menurutnya, jika suatu kelompok atau negara ingin menerapkan Islam, maka tidak tepat menerapkan sistem demokrasi. Sebab menurutnya demokrasi itu sistem kufur. Jadi, kalau ada orang yang demokrasi berarti orang yang kufur.

"Yang membuat hancur sebuah negara bukan dari negaranya, tetapi individunya. Sama seperti kafir, yang dicap itu manusianya (individu), bukan negaranya," ujar Makmun.

Penegasan ini disampaikan Makmun pada kegiatan bertajuk Membedah Ideologi Khilafah Ala Hizbut Tahrir Indonesia yang digelar oleh Pustaka Harakatuna. Kegiatan ini juga menggandeng Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) dan Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Unila. (Muhammad Faizin/Fathoni/NU Online)
Advertisement

Advertisement