Rabu, 08 November 2017

Mahasiswa-Mahasiwa Berpendidikan Tinggi ini ikut Sebarkan Hoax Untuk Sudutkan Banser

MusliModerat.net - Gambar diatas adalah Pemilik akun fb Aisha Safira yang masih tercatat sebagai mahasiswi Unila ini akhirnya membuat surat pernyataan permohonan maaf dan tidak akan mengulangi perbuatan serupa setelah mengunggah status di fb yang substansinya mendeskreditkan Ansor-Banser paska kasus Felix Siauw di Bangil Pasuruan Jatim.




Sedangkan gambar diatas Pemilik akun fb Bintang Abadi Siregar berdasarkan profilnya berlatarbelakang pendidikan kedokteran UI, tetapi status dan sharenya di fb tentang kasus yang sama telah jauh melampaui kapasitasnya sebagai seorang dokter.

Aisha Safira dan Bintang Abadi Siregar adalah sebagian dari sekian banyak pengguna media sosial yang memiliki "kegemaran menkonsumsi" berbagai tulisan, gambar, video, dan link yang beredar di media sosial tanpa melakukan verifikasi terlebih dahulu. Apalagi jika "semangat" itu sudah dibumbui dengan kebencian mendalam terhadap seseorang, kelompok orang maupun organasasi/lembaga tertentu, maka terkadang informasi HOAX pun kemudian menjadi "halal" untuk terus diproduksi dan didesiminasikan secara luas.

Menilik profilnya, keduanya semestinya telah cakap sebagai pengguna media sosial oleh karena latarbelakang pendidikan tinggi yang disandangnya. Pertanyaannya, bagaimana jika penggunanya adalah orang awam? Sekalipun hal ini bukan satu-satunya tolok ukur untuk menilai kecerdasan seseorang dalam berseluncur di media sosial.

Mudah-mudahan jadi pembelajaran untuk semakin cerdas dan bijak serta terus menerus perangi HOAX dan ujaran kebencian di media sosial.

Dishare dari Shoib Nur
Advertisement

Advertisement