Rabu, 22 November 2017

Jokowi: Indonesia Akan Selesaikan Konflik di Afganistan

MusliModerat.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Majelis Tinggi Perdamaian Afganistan di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam pertemuan itu, Jokowi menerangkan, bahwa Indonesia akan berperan dalam menyelesaikan konflik di negara tersebut.

"‎Kita berharap Indonesia bisa menjadi ikut berperan dalam menengahi dalam memediasi agar konflik-konflik yang ada di Afghanistan bisa diselesaikan‎," kata Jokowi di lokasi, Selasa (21/11/2017).

Jokowi mengungkapkan, bahwa kedatangan rombongan yang dipimpin Mohammad Karim Khalili itu bahagia lantaran Indonesia akan berperan dalam menyelesaikan berbagai konflik di negara Afganistan.

Apalagi, kata dia, Islam Indonesia adalah Islam yang moderat dan dinilai netral dalam menyelesaikan pertikaian antara 40 kelompok yang ada di Afganistan. Pasalnya, Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun di kawasan timur tengah.

"Jadi antusias yang disampaikan oleh beliau akan kita sambut baik," terangnya.

Kepala Negara menjelaskan, pemerintah akan segera mengundang ulama-ulama yang ada di Afganistan. Para ulama itu berasal dari kelompok Taliban hingga ulama di Pakistan. Selanjutnya, ulama dari Indonesia akan mencoba mencarikan solusi guna mencari solusi perdamaian yang ada di sana.

"‎Kemudian juga bersama-sama dengan ulama di Indonesia untuk bersama-sama mencarikan solusi bagi saudara-saudara kita yang ada di Afghanistan‎," kata Jokowi.

(dka/okezone.com)
Advertisement

Advertisement