Jumat, 20 Oktober 2017

[Polling] #3thJokowiJK, Apakah Anda Puas dengan Kinerja Pemerintah?

MusliModerat.net - Hari ini tepat tiga tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Lantas, apakah Anda puas terhadap pemerintahan Kabinet Kerja?

Jokowi dan JK dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2014. Dia pun langsung membentuk Kabinet Kerja untuk mengeksekusi janji-janjinya selama masa kampanye.

Selama tiga tahun ini, Jokowi-JK bekerja mengurus berbagai sektor, seperti politik dan keamanan, hukum, ekonomi, dan kesejahteraan sosial. Pujian dan kritik pun mewarnai.


Jokowi mendapat pujian atas kinerja jajarannya di bidang maritim serta pembangunan infrastruktur, terlebih di wilayah Papua. Tingkat kemiskinan, ketimpangan, hingga pengangguran juga mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya.

Di sektor maritim, kinerja pemerintah Jokowi-JK juga mendapat pujian. Pertumbuhan PDB perikanan tercatat selalu berada di atas rata-rata pertumbuhan PDB nasional. Pada 2015, pertumbuhan PDB perikanan tercatat sebesar 8,35%, kemudian pada 2016 sebesar 7,03%, dan pada 2017 sebesar 7,08%.
Sambil mengikuti polling, Anda juga bisa menyertakan komentar di kolom komentar bawah atau di Twitter lewat hashtag atau tagar #3thJokowiJK. Presiden Jokowi sendiri mempersilakan masyarakat Indonesia menilai kinerja jajarannya selama tiga tahun ini. Bagi dia, saat ini dirinya dan Kabinet Kerja masih terus bekerja mewujudkan semua hal yang telah direncanakan demi kemajuan bangsa.Namun di sisi lain, utang pemerintah juga disoroti karena dinilai sudah masuk 'lampu kuning'. Tercatat sejak 2014 Jokowi-JK memimpin Indonesia, jumlah utang pemerintah naik Rp 1.261,52 triliun dari posisi Rp 2.604,93 ke posisi Rp 3.866,45 triliun per September 2017.

Selain itu, Amnesty International Indonesia (AII) memberikan rapor merah kepada pemerintahan Jokowi-JK soal penyelesaian kasus HAM. Pengungkapan kasus HAM dinilai sekadar janji dan narasi dalam Nawacita.


"Tugas saya bekerja keras, mewujudkan yang kita rencanakan," kata Jokowi saat diwawancarai wartawan setelah menutup Kongres XI Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2017).

MusliModerat mengadakan polling di Twitter  mengenai tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK. Pertanyaannya, 'apakah Anda puas selama 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK?'. Ada empat opsi jawaban yang disediakan, yakni 'puas', 'Biasa Saja' ,'tidak puas', dan 'tidak peduli'.

[mm]
Advertisement

Advertisement