Kamis, 12 Oktober 2017

MUI: Perppu Ormas adalah Komitmen Pemerintah Tegakkan Pancasila

MusliModerat.net - Majelis Ulama Indonesia menilai terbitnya Perppu Ormas tahun 2017merupakan komitmen pemerintah menegakkan Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Kebhinekaan. Hal ini disampaikan Ketua MUI Bidang Hukum, Basri Bermanda.
"Kan itu dasarnya. Kalau ini digugat, kita semua nanti yang repot," ucap Basri di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Dia menilai Perppu Ormas adalah upaya menjaga NKRI agar terganggu. Dengan begitu, hal-hal yang bertentangan dengan Pancasila bisa dihalau.
"Katakan ada ormas islam, Islam sendiri sangat Pancasilais. Pancasila kalau kita baca satu-persatu islamis itu. Itu tergantung bagaimana kita menafsirkannya. Kalau di MUI, pancasila sebagai dasar negara itu final," tegas Basri.

Dia mengatakan Perppu Ormas tengah dibahas di DPR untuk menjadi undang-undang. Karena itu, lanjut dia, pihak yang keberatan bisa memberi masukan ke parlemen.
"Kami mengimbau semua keinginan dalam negara hukum dan demokrasi bisa disalurkan, tapi disalurkan ke institusi yang punya kewenangan," pungkas Basri.[liputan6.com]
Advertisement

Advertisement