Minggu, 22 Oktober 2017

Luar Biasa !! Hari Santri Semarang Pecahkan Rekor Muri Komik Santri Terpanjang

MusliModerat.net - Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini dipusatkan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Ada pemecahan rekor dalam rangkaian kegiatan yang digelar sejak Sabtu (21/10/2017).

Pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) diberikan untuk penulisan komik santri terpanjang, yaitu 300 meter. Rekor itu mengalahkan rekor sebelumnya yang sepanjang 207 meter pada 2011 di Surabaya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Phil Kamaruddin Amin mengatakan, rekor komik santri dilakukan di atas kanvas sepanjang 300 meter. Komik santri itu mulai dilakukan pada Sabtu siang diikuti oleh para komikus di seluruh Indonesia.

" Rekor Muri ini diikuti 31 komikus. Mereka menggambar komik di atas kain kanvas sepanjang 300 meter," kata Phil, di sela shalawat kebangsaan di Lapangan Pancasila Semarang, Sabtu malam.

Secara simbolis rekor diserahkan perwakilan Muri kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.



Perwakilan Muri Ariyani Siregar menjelaskan, rekor untuk pembuatan komik terpanjang menumbangkan rekor sebelumnya di Surabaya. Penghargaan diberikan karena tim berhasil membuat komik wajah santri sepanjang 300 meter.

"Saat ini sudah ada 8.000 rekor Muri. Kami saksikan sendiri pembuatan komik santri, 'Wajah Santri, Wajah Indonesia' ini sepanjang 300 meter. Rekor urutan ke-8.162," ujar Ariyani.

Rekor sendiri tercatat atas nama Direktorat Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Peringatan Hari Santri saat ini masih terus berlangsung dengan pembacaan shalawat kebangsaan.

Hadir sejumlah tokoh antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryati Rahayu, Ketua umum PPP Muhammad Romahurmuziy, serta para tokoh masyarakat dan ulama setempat.

Ribuan santri dan masyarakat juga memenuhi lapangan Pancasila di Simpang Lima Semarang ini.[kompas.com]
Advertisement

Advertisement