Selasa, 24 Oktober 2017

Hadiri Santri of The Year 2017, Gubernur DKI: Kita Teruskan Perjuangan Para Kiai

MusliModerat.net - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai perjuangan para kiai dan santri yang rela menghibahkan semua yang ada pada dirinya untuk melawan penjajah.

“Perjuangan mereka waktu itu menghibahkan semuanya, menghibahkan tenaga, darah, air mata, bahkan nyawa dihibahkan untuk republik ini,” kata Anies Baswedan pada acara Santri of The Year 2017 di gedung Galeri Nasional Indonesia, Ahad (22/10).

Ia menjelaskan tentang betapa hebatnya perjuangan para pendiri bangsa, seperti Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari yang mencetuskan fatwa Resolusi Jihad untuk berperang menghadapi kekuatan kolonial yang akan kembali menjajah Indonesia. 


Menurut pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat ini, zaman di mana belum sms atau grup whatsapp, tapi informasi tentang Resolusi Jihad itu langsung menyebar dan puluhan ribu orang turun tangan terlibat menghalau asing.

Peristiwa ini, menurutnya, jangan sekadar dijadikan sejarah, lebih dari itu menjadi kacang benggala terkait tantangan Indonesia hari ini.

Ia pun meminta agar perjuangan para pendahulu diteruskan oleh generasi sekarang. “Saya rasa kini saatnya kita membuktikan kepada orang tua kita. Kita teruskan perjuangan mereka,” tegasnya.

Hadir pada acara penghargaan ini, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Helmy Faisal Zaini, Wakil Ketua Umum PBNU periode 2010-2015, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia Muhammad Nasir dan lain-lain. (Husni Sahal/Fathoni/NU Online)
Advertisement

Advertisement