Jumat, 20 Oktober 2017

[Habib Umar bin Hafidz] Metode Dakwah yang Benar itu dengan Lemah lembut, bukan dengan Cara Keras

Oleh : Habib Umar bin Hafidz, 
Diterjemahkan oleh Habib Jindan bin Novel, Dalam Acara Multaqo Ulama se-Indonesia Timur, di Gedung Islamic Center, Ambon, Maluku, Kamis 19 Oktober 2017 

Allah Subhanahuwata'ala di dalam Al Qur'an Surat Ali Imran ayat 159 menceritakan, metode dakwah apa yang disampaikan Nabi dalam menyampaikan agama Islam ?

Allah Ta'ala berfirman
فَبِمَا رَحۡمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنۡتَ لَهُمۡ​ۚ
"Sesungguhnya hanya dengan Rahmat Allah-lah engkau bersikap lemah lembut kepada masyarakat."

Dari sinilah Allah Ta'ala menyatakan bahwa metode dakwah lemah lembut ini adalah metode yang sah dan benar, seandainya engkau membawa metode yang lain maka mereka tidak akan mau beriman.
Kemudian Allah Ta'ala melanjutkan firman-Nya,
وَلَوۡ كُنۡتَ فَظًّا غَلِيۡظَ الۡقَلۡبِ لَانْفَضُّوۡا مِنۡ حَوۡلِكَ
"Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu."

Maka ditetapkan bahwasannya metode yang benar adalah metode dengan dakwah yang lemah lembut dengan mengatakan seperti Firman Allah
فَاعۡفُ عَنۡهُمۡ وَاسۡتَغۡفِرۡ لَهُمۡ وَشَاوِرۡهُمۡ فِى الۡاَمۡرِ
"Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu."

Firman Allah Ta'ala yang memerintahkan untuk memaafkan orang-orang tersebut artinya isyarat bahwa kelak ia akan berbuat tidak baik terhadap engkau. Kalau tidak kenapa diperintahkan untuk memaafkan ? Pasti ada kesalahan yang perlu dimaafkan.

Dan Firman Allah Ta'ala yang memerintahkan untuk memohonkan ampunan Allah untuk umat tersebut artinya umat itu pun juga telah melakukan perbuatan dosa.
Sehingga meskipun mereka berbuat dosa, berbuat kejahatan, tetapi diperintahkan Nabi Muhammad untuk bermusyawarahlah dengan mereka.

Jangan kita berucap tidak perlu mengajak mereka atau tidak perlu bermusyawarah dengan mereka, hanya karena mereka berbuat dosa dan berbuat jahat.

--- Kutipan Ceramah Ditranskrip oleh Imron Rosyadi, mohon saran dan perbaikan jika banyak kekhilafan, Silahkan disebarkan, Semoga bermanfaat ---
Sumber : 
Live Facebook : 
https://www.facebook.com/Nabawitv/videos/740422276157828/
Advertisement

Advertisement