Senin, 30 Oktober 2017

Geger ! Puncak HSN 2017, 100 Ribu Santri Bersarung Kudus Banjiri Alun-Alun Simpang Tujuh

MusliModerat.net -  Mlaku-Mlaku Bareng Santri (MMBS) dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Kudus Jawa Tengah telah berlangsung di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Ahad, (29/10/17) Pagi.

Pelepasan peserta MMBS oleh Bupati Kudus yang diwakili Asisten 2 Budi Rahmat, Ahad (29/10/17)

H. Saiful Anas, panitia acara HSN Kudus menjelaskan, MMBS mengambil start dari Alun-alun Kudus menuju ke selatan (Jalan Ahmad Yani) sampai lampu merah, below ke barat menuju pertigaan ploso barat Pasar Bitingan, selanjutnya menuju perempatan kojan dan kembali ke Alun-alun (finish).

MMBS kali ini yang diikuti santri pondok pesantren, madrasah dan sejumlah organisasi NU se-Kabupaten Kudus itu merupakan puncak dari rangkaian peringatan HSN Kudus 2017 yang Sebelumnya telah dilaksanakan, diantaranya diadakannya sarasehan santri yang membahas tentang perda diniyyah, Kemudian napak tilas perjuangan ulama dari makam pahlawan kaliputu menuju Makam KH. Raden Asnawi (salah satu diantara pendiri NU Kudus) Komplek Sunan Kudus lalu finish di Ponpes Raudhatut Tholibin Bendan Kudus.


Berikutnya, lanjut Anas, juga dilaksanakan seminar santri preneurship dengan harapan selain bisa ngaji, santri juga pandai berwirausaha dengan tidak meninggalkan sifat asli santri, Akhlakul karimah. Tepat tanggal 22 Oktober dilaksanakan apel hari santri, Santri bersholawat juga menggema di Alun-Alun simpang tujuh Kudus dengan menghadirkan KH. maemon Zubair dan Habib Ali Zaenal Abidin Dan para ulama, santri dan masyarakat luas. “Meski sempat  diguyur hujan lebat, Hal itu tidak menyurutkan santri untuk tetap1 bertahan ditempat, Hal itu sangat luar biasa,” ungkapnya



Ditemui ditempat yang sama, H.Mawahib Afkar, Ketua SC HSN 2017 Kabupaten Kudus mengatakan, Ada beberapa penampilan sesaat sebelum para peserta MMBS yang dilepas Bupati Kudus yang diwakili asisten 2 Budi Rahmat, diantaranya Senam dzikir yang dilakukan oleh siswi-siswi MA Banat NU Kudus dan pagar nusa yang di peragakan beberapa santri Ponpes Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus.


Selain itu, atraksi menantang dari Pagar Nusa Kudus juga ditampilkan, diantaranya memecah genteng dengan memukulkan ke kepala, Mematahkan besi dengan tangan, menarik mobil sedan yang ditumpangi kurang lebih 10 orang dengan menggunakan tali yang diikatkan ke satu orang di depan.

Lalu atraksi 6 anggota pagar nusa Kudus yang dilindas dengan 2 motor trail secara bergiliran, “Memang mereka sebelumnya sudah terlatih dan penampilan tersebut menjadi kado persembahan pagar nusa Kudus untuk HSN 2017,” jelasnya


Atraksi Trail Wanita saat melindas 6 orang anggota pagar nusa Kudus

Pada MMBS itu selain dihadirkan penampilan Gus Apank feat. KS2K, juga diadakan pengundian Doorprize dengan hadiah utama 2 Unit Sepeda Motor.


Ditambahkan,sejumlah anggota Bhakti medis, banser, Donor darah, Bhakti lingkungan LPBI NU juga dipersiapkan Demi kelancaran acara, nampak pula sejumlah santri Almuayyad Kudus membagi-bagikan nasi juga turut memeriahkan gelaran setahun sekali ini.


Atraksi tarik mobil menggunakan gigi, oleh anggota pagar nusa Kudus

Selain sebagai penutupan HSN 2017 Kabupaten Kudus, juga sekaligus memperingati hari sumpah pemuda. Hal ini sebagai bentuk aktualisasi nilai2 kesantrian dalam membentengi PBNU, Pancasila, Bhineka tunggal ika, NKRI dan UUD 45, “Salam Santri Mandiri, NKRI Hebat!!! ,” ucapnya

Dikatakan, Sebutan pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan nampaknya harus di persiapkan ke generasi saat ini, Dimana dipundak pemudalah 10-20 tahun kedepan yang nantinya memimpin bangsa ini,” pungkasnya (AJ/isknews)
Advertisement

Advertisement