Senin, 23 Oktober 2017

50 Ribu Santri Ngawi Ikrar Resolusi Jihad Pertahankan NKRI

50 Ribu Santri Ngawi Ikrar Resolusi Jihad Pertahankan NKRIMusliModerat.net - Momen 22 Oktober sebagai waktu kemenangan untuk seluruh santri di Indonesia. Karena hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2017. Para santri seantero nusantara memperingatinya dengan berbagai macam acara, tak terkecuali di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Minggu (22/10).

Di Alun-Alun Merdeka Ngawi sekitar 50 ribu santri mengucapkan kesetiaanya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berideologi Pancasila dan dasar negara UUD 1945 melalui pembacaan teks Resolusi Jihad setelah sebelumnya mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Kegiatan yang dikemas melalui apel upacara dipimpin langsung Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar.

Terlihat dari lokasi alun-alun, seperti lazimnya acara-acara yang digelar oleh para santri selain lagu wajib juga digemakan lagu khas dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) yakni Syubbanul Waton karangan Kyai Wahab Hasbullah. Dengan lantunan lagu khas nahdliyin tersebut membuat puluhan ribu santri hanyut dalam suasana semangat, bergelora menunjukkan kecintaan mereka kepada Tanah Air, Indonesia.

“Iya tepat hari ini (22 Oktober-red) sebagai momen yang penuh histori dari para santri. Dimana  perjuangan merebut kemerdekaan ini salah satunya diinisiasi oleh para ulama dan santri. Santri turut berkorban dalam mempertahankan kemerdekaan berkat resolusi jihad,” terang Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar.

Dia berharap mendasar konteks santri kedepan harus menjadi leadership disemua lini pembangunan, bersinergi menjawab tantangan teknologi informasi secara utuh demi kemaslahatan umat Islam. Sehingga hadirnya pondok pesantren (ponpes) maupun madrasah yang ada harus ditingkatkan mutu serta kwantitasnya untuk menciptakan generasi berprestasi dibidang iptek.

Kemudin usai apel upacara ditandai pelepasan kirab puluhan ribu santri oleh Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar dengan mengambil rute Jalan Imam Bonjol, Jalan Teuku Umar, Jalan Suprapto, Jalan Dr Soetomo, Jalan Ronggowarsito, Jalan Sentot, Jalan Trunojoyo, Jalan Kartini, Jalan Yos Sudarso dan berakhir finish Lapangan Alun-Alun Merdeka Ngawi.

Sementara AM.Inngam Ketua Panitia HSN 2017 Kabupaten Ngawi membenarkan, pelaksanaan apel upacara maupun kirab diikuti lebih dari 50 santri dari 128 kontingen. Dan kontingen itu sendiri berasal dari ponpes, madrasah diniyah, sekolah mulai setingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA serta pendorong utamanya dari Banom NU maupun ormas Islam.

“Puncak HSN 2017 di Ngawi luar biasa ada puluhan ribu santri hadir menyemarakan kegiatan ini. Mereka dari ponpes, madrasah maupun sekolah formal dan tidak ketinggalan dari perguruan silat bergabung juga. Dan semua tokoh kyai di Ngawi turut hadir demikian juga Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Ketua PCNU Kabupaten Ngawi KH Ahmad Ulinnuha Rozy maupun Ketua PW GP Ansor Jatim Rudi Tri Wahid,” jelas AM Inngam. (pr/siagaindonesia.com)
Advertisement

Advertisement