Kamis, 14 September 2017

Timnas U-19 Vs Brunei: Muhammad Rafli Alumni Liga Santri Cetak 3 Gol

Top skor Liga Santri Nusantara, Muhammad Rafli Mursalim mencetak tiga gol dan sukses mengantarkan Timnas U-19 Indonesia ke semifinal Piala AFF U-18 2017.
MusliModerat.net - Timnas U-19 Indonesia memastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2017 setelah mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 8-0, di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Rabu (13/9/2017). Masing-masing gol dicetak oleh Muhammad Rafli Mursalim (3 gol), Egy Vikri Maulana (2 gol), Witan Sulaeman (2 gol) dan Hanis Saghara Putra (1 gol).

Dalam pertandingan ini, pasukan Garuda Nusantara membutuhkan banyak gol untuk bisa lolos ke semifinal. Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri memasang alumni Liga Santri Nusantra (LSN), Muhammad Rafli sebagai striker tunggal dalam formasi 4-1-3-1-1. 

Pria yang pernah menjadi top skor Liga Santri Nusantara 2016 ini ditopang oleh Egy Vikri Maulana sebagai second striker. Strategi permainan yang diterapkan Indra Safri ini terbilang cukup memuaskan. Hal ini terbukti dengan gol yang dicetak Rafli pada menit pertama pertandingan. 

Aksi individu pemain dari Pondok Pesantren Al-As'ariyah Provinsi Banten ini sempat dibendung bek Brunei. Namun, bola mentah dan dapat direbut kembali oleh Rafli dan ditendang tepat ke arah gawang. Berkat golnya, Timnas U-19 Indonesia unggul 1-0 dari Brunei. 

Jalannya Pertandingan 

Timnas U-19 Indonesia sejak menit awal langsung tancap gas dan langsung unggul berkat gol yang dilesatkan Rafli pada menit pertama. Indonesia nyaris menggandakan keunggulan dua menit kemudian. Kali ini aksi individu Egy Vikri Maulana yang menyulitkan bek Brunei Darussalam. 

Namun, kurang tenangnya penyelesaian akhir membuat bola hasil tendangan Egy melayang tipis di atas gawang lawan. Timnas U-19 terus menekan dan baru sukses menggandakan gol kedua pada menit ke-18 berkat kerja sama apik antara Rafli dan Egy. Umpan terobosan top skor Liga Santri Nusantara ini sukses dikonversi menjadi gol oleh Egy. 

Egy yang menerima umpan dari Rafli berhasil melewati bek lawan dan menceploskan bola ke sisi gawang yang tak mampu dijangkau pemain lawan. Skor 2-0 untuk Timnas U-19 Indonesia. 

Empat menit berselang, Egy kembali mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. Kali ini, ia memanfaatkan umpan terobosan yang dikirim Feby Eka Putra, pemain bernomor punggung 10 itu mengecoh penjaga gawang Amirul Hakim dengan sebuah tendangan pelan ke tiang jauh. Bola meluncur deras dan skor berubah menjadi 3-0.

Timnas U-19 pada menit ke-38 kembali membuka peluang. Usai melewati bek lawan di sektor kanan pertahanan, Egy mengirim umpan ke mulut gawang yang sekaligus mengecoh penjaga gawang Brunei. Sayang, Witan Sulaeman yang berdiri di depan gawang kosong tak mampu memanfaatkan umpan tersebut setelah kakinya gagal menjangkau bola. 

Witan Sulaeman akhirnya sukses mencatatkan namanya di papan skor dua menit menit kemudian. Skor berubah menjadi 4-0 untuk Indonesia. Satu menit berselang, tim asuhan Indra Safri ini kembali mencetak gol lewat Rafli. 

Rafli memanfaatkan umpan Dedi Tri Maulana dari sayap kanan. Santri Pondok Pesantren Al-As'ariyah Provinsi Banten ini kemudian menyundul bola ke arah gawang dan mencipta gol keduanya di pertandingan tersebut. Skor berubah menjadi 5-0. 

Belum puas, Rafli memastikan hattrick-nya satu menit kemudian. Sepakan pemain bernomor punggung sembilan itu gagal dijangkau Amirul Hakim. Gol ketiga Rafli sekaligus menutup jalannya babak pertama. Skor 6-0 bertahan hingga wasit meniup peluit turun minum. 

Pada babak kedua, lini belakang Brunei mencoba tampil lebih solid. Hasilnya, bola yang dialirkan para pemain Indonesia jarang menyentuh kotak penalti lawan. Hingga sepuluh menit awal, Rafli dkk lebih banyak menciptakan peluang lewat tendangan jarak jauh. 

Pada menit ke-63, Garuda Nusantara akhirnya bisa masuk ke kotak penalti lawan. Aksi Individu Egy Maulana di sayap kiri dipungkasi dengan umpan cutback ke mulut gawang yang mengarah tepat kepada Muhammad Rafli. Namun penyelesaian yang kurang tenang membuat bola tendangan Rafli tak mengarah ke gawang. 

Timnas U-19 baru menambah keunggulan pada menit ke-66. Witan Sulaeman menyundul bola ke pojok kanan gawang lawan. Skor 7-0 untuk Indonesia. Hanya berselang satu menit, pemain pengganti Hanis Saghara menambah keunggulan Indonesia. Skor 8-0 untuk Indonesia bertahan hingga akhir pertandingan. 

Berkat kemenangan ini, Timnas U-19 Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2017. Tim asuhan Indra Safri ini akan melaju ke semifinal pada 15 September. 
Sumber: Tirto.id
Advertisement

Advertisement