Selasa, 26 September 2017

Quraish Shihab: PKI Sudah tak ada, tapi penganut paham komunis ada di RI

Image result for quraish shihabMusliModerat.net - Cendekiawan Muslim, Quraish Shihab menyebut jika Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah seorang setan yang keberadaannya ada di mana-mana. Hal itu disampaikan dia saat menghadiri acara hari lahir Jendral (Purn) Awaluddin Djamin yang ke-90 di hotel The Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

"Sekarang saya tidak menduga mereka punya kekuatan ya, pasti di mana-mana ada sih, setan di mana-mana ada, tapi apakah itu sedemikian besar, sedemikian ini saya juga tidak. Bangsa Indonesia sudah cukup dewasa untuk mengenal," kata Shihab di hotel The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

Menurutnya, saat ini PKI hadir atau kembali lagi tidak menggunakan tenaga atau senjata, tapi melainkan hanya dengan cara menyebarkan paham-paham PKI terhadap masyarakat luas saja.

"Sebagai kekuatan saya kira tidak, tapi kalau ada orang yang menganut paham itu sekarang, di mana-mana bisa ada di Amerika pun ada," ujarnya.

Mantan Menteri Agama itu menegaskan, jika PKI itu bukan merupakan suatu partai. Dia pun memastikan bahwa partai PKI itu tidak ada, karena memang partai tersebut terlarang dan memang sudah dilarang oleh pemerintah Indonesia.

"Partai jelas tidak ada, partai terlarang, partai terlarang tidak mungkin ada ya kan. Jadi kalau ada orang-orang yang menganut paham itu, ada orang yang dendam ya pasti ada dong," tegasnya.

Shihab pun tidak ingin jika masyarakat Indonesia harus menghabiskan tenaganya untuk menghadapi 'hantu' PKI. Namun masyarakat tetap harus waspada, meskipun adanya ancaman dari PKI yang dianggapnya tidak terlalu serius.

"Tapi apa mereka punya kekuatan, apakah kita harus menghabiskan energi kita untuk menghadapi itu, saya kira tidak harus, tapi kita harus tetap waspada. Bukan ancaman yang serius lah," tandasnya. [ded/merdeka.com]
Advertisement

Advertisement