Kamis, 21 September 2017

PBNU Mempersilahkan Santri Nonton Film G30S PKI

MusliModerat.net - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mempersilahkan para santri untuk menonton film "Penumpasan Pengkhianatan Gerakan 30 September/PKI". PBNU menilai, bahwa masyarakat dam para santri sudah cerdas dalam menyikapi sejarah bangsanya.
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU, Helmy Faishal menanggapi rencana TNI yang akan menayangkan film besutan sutradara Arifin C Noer tersebut.

Menurutnya, siapa saja bebas menonton film tersebut. “Bebas sajalah. Yang mau nonton silakan, yang mau nonton sinetron silakan, yang mau pengajian juga silakan. Bebas aja," kata Helmy, seperti dilansir dari CNNIndonesia, Senin (18/9/2017).

Helmy menganggap bahwa masyarakat saat ini, khususnya kalangan santri, sudah cerdas dalam menyikapi sejarah bangsanya. Mereka tidak lagi mudah dipengaruhi informasi hoax karena bisa mencari kebenaran di tengah keterbukaan informasi.
“Tidak ada masalah dengan wacana penayangan kembali film Pengkhianatan G30S/PKI. Karena hal itu termasuk kebebasan berekspresi. Bahkan jika ada pihak yang melarang penayangan film itu akan mencoreng demokrasi,” katanya.
Dia menilai sangat tidak tepat jika ada pelarangan. “Silakan saja ditonton. Masyarakat sudah cerdas," ujarnya.

Selain itu, Helmy juga menyampaikan, bahwa para pihak yang tidak setuju dengan film tersebut, seharusnya membuat film terbaru yang lebih sempurna. Langkah tersebut kata dia, perlu dilakukan sebagai wujud konkret upaya pelurusan sejarah.
Namun, sampai hari ini, belum ada film baru yang menyempurnakan terhadap film yang ada tersebut. Karenanya, para santri yang mayoritas NU, dipersilahkan untuk nonton film tersebut.(*)

Advertisement

Advertisement