Selasa, 05 September 2017

Meluruskan Hoax Jonru "Sebutan Wahabi Ciptaan Syiah"

MusliModerat.net - Jonru, nama yang bagi sebagian pengguna jejaring sosial sudah tidak asing. Ia kadang menyebar hoax, meskipun masih ada pula yang mempercayaiya, khususnya dari kalangan kader partai tertentu. 

Pada tahun 2015 lalu, Jonru juga menyebarkan hoax terkait dengan yang pertama kali memberikan sebutan Wahhabi

"Jadi, tuduhan Wahhabi itu dalangnya adalah orang Syi'ah? Hm... #SyiahBukanIslam", tulis Jonru dijejarig sosial facebooknya disertai mengupload gambar Dr. Zakir Naik berisi tulisan yang juga tidak jelas sumbernya.  (23/4/2015)



SIAPA SEBENARNYA YANG PERTAMA KALI MEMBERI SEBUTAN WAHABI?
Yang pertama kali menyebut istilah Wahhabi adalah kakak kandung dari Muhammad bin Abdul Wahhab sendiri yaitu Syaikh Sulaiman bin Abdul Wahhab al-Najdi al-Hanbali. Beliau menulis kitab berjudul al-Shawaiq al-Ilahiyyah fi Raddi alal Wahhabiyah dalam rangka membantah dan meluruskan ajaran menyimpang adiknya itu.  
Cover kitab pertama yang membantah ajaran Wahhabi
الصواعق الالهية في الرد على الوهابية تاليف الشيخ سليمان بن عبدالوهاب النجدي,  شقيق محمد بن عبدالوهاب
Ash-Shawaiq Al-Ilahiyah fir Raddi ala Wahhabiyyah / Petir-Petir Ilahi Dalam Membantah Paham Wahhabi, karya Syaikh Sulaiman bin Abdul Wahhab al-Najdi, kakak dari Muhammad bin Abdul Wahhab.
Penamaan itu lalu dikuti oleh seluruh ulama Islam lainnya dalam membantah paham Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab. Jadi, istlah / sebutan / penamaan Wahhabi bukan berasal dari Syi'ah, bukan berasal dari orang non-Islam, atau lainnya. Sebaliknya, berasal dari umat Islam, Ahlussunnah wal Jama'ah, pengikut madzhab Hanbali, dan dari keluarga sendiri yaitu Syaikh Sulaiman bin Abdul Wahhab. 

Dikutip dari Muslimedianews.com

Advertisement