Selasa, 05 September 2017

Keren! Tak Banyak Omong, NU Sudah Berangkatkan Relawan Kemanusiaan ke Rohingya

MusliModerat.net - Krisis kemanusiaan warga Rohingya di Myanmar, mengundang keprihatinan internasional. Menanggapi persoalan tersebut, Nahdlatul Ulama (NU) bahkan memberangkatkan relawannya ke Myanmar untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada ribuan warga Rohingya yang terusir dari negara bagian Rakhine.

"Relawan NU sudah ada di sana beberapa waktu lalu dan sudah melakukan aksi-aksi kemanusiaan dalam bentuk ‎memberikan bantuan pengobatan, makanan, tempat tinggal, termasuk menyediakan fasilitas pendidikan," kata Ketua PBNU Robikin Emhas saat berbincang dengan Okezone, Selasa (5/9/2017).
Robikin menambahkan, dalam tiap konflik yang berujung pada kekerasan massal, biasanya tidak disebabkan oleh faktor tunggal. Ia menilai, kepentingan-kepentingan lain sangat mungkin berkelindan di balik kasus tersebut.

"Dan sangat mungkin di balik konflik itu ada kepentingan ekonomi dan politik," sambungnya.
Kendati demikian, Robikin menyebut langkah solidaritas kemanusiaan perlu diperluas agar etnis Rohingya dapat menemukan kembali harkat dan kedudukannya sebagai manusia yang merdeka tanpa penindasan. Sementara Indonesia, dapat menjadi salah satu motor penggeraknya.
Sekadar diketahui, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi telah mengunjungi Myanmar dan menemui sejumlah punggawa negeri itu, termasuk Aung San Suu Kyi atas perintah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Di sana, Menlu Retno membawa misi kemanusiaan yang dimandatkan oleh negara agar konflik yang menyebabkan ribuan warga etnis Rohingya terusir dari negara bagian Rakhine itu segera berakhir sehingga tercipta kedamaian. (sym)
Sumber: Okezone.com
Advertisement

Advertisement