Jumat, 15 September 2017

Innalillahi !! Pesantren Tahfidz di Kuala Lumpur Terbakar, 24 Santri dan Ustadz Meninggal Dunia

Pesantren Darul Quran Ittifaqiyah Kuala LumpurMusliModerat.net - Kebakaran hebat terjadi di sebuah pesantren di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (14/9). Insiden ini menewaskan sedikitnya 24 santri dan ustadz.
Departemen Pemadam Kebakaran Malaysia dalam pernyataannya yang dikutip Reuters melaporkan, kebakaran terjadi di pesantren tahfidz Darul Quran Ittifaqiyah di Jalan Datuk Keramat sekitar pukul 5 pagi tadi.
Pemadam mengatakan, api bermula dari kamar asrama santri di lantai atas dari bangunan tiga lantai itu. Dua guru dan 22 santri tewas dalam kebakaran tersebut. Tujuh orang terluka dan dilarikan ke rumah sakit, 11 lainnya selamat tanpa luka.
Santri di pesantren itu berusia antara 7 hingga 18 tahun.
"Berdasarkan informasi saat ini, 25 santri dan guru meninggal dunia dalam kebakaran tersebut," ujar laporan pemadam kebakaran Malaysia.
Awalnya korban disebut 25 orang, namun diralat menjadi 24 orang.
Para korban tewas telah dievakuasi ke rumah sakit itu. Dalam foto-foto di situs The Star Malaysia, terlihat kebakaran menghanguskan ranjang-ranjang di asrama para santri. Hanya tersisa kerangka besi ranjang bertingkat dan abu kebakaran.

Pesantren Darul Quran Ittifaqiyah Kuala LumpurPolisi menduga kebakaran ini disebabkan oleh korsleting listrik. Kebanyakan korban diduga tewas akibat sesak nafas karena asap, mereka tidak bisa keluar dari kamar asrama karena jendela diteralis besi.
Kasus ini menambah panjang daftar kebakaran yang terjadi di pesantren-pesantren di Malaysia. Menurut catatan Pemadam Kebakaran Malaysia, ada 211 kebakaran yang terjadi di berbagai pesantren di negara itu sejak tahun 2015.

Sumber: Kumparan.com

Advertisement