Minggu, 24 September 2017

Inilah Agenda Delegasi NU untuk Pengungsi Rohingya di Bangladesh

MusliModerat.net - Setiba di Dhaka, Bangladesh di hari pertama, agenda Tim Delegasi Nahdlatul Ulama (NU) untuk Rohingya adalah rapat koordinasi dengan anggota Indonesia Humanitarian Alliance (IHA) lainnya. Ada beberapa pembahasan yang didiskusikan pada Sabtu (23/9) malam itu. 

Wartawan NU Online Muchlishon Rochmat dari Dhaka melaporkan, di antara agenda pembahasan tersebut adalah pertama, memperbarui informasi tentang kondisi tempat pengungsi Rohingya di wilayah Coz Bazzar.

Dari laporan yang disampaikan Tim Advance, situasi dan kondisi kamp pengungsian begitu memprihatinkan. Sampah, kotoran, dan jumlah pengungsi yang berjubel, tumpah ruah menjadi satu.

Kedua, penyepakatan jenis bantuan. Rapat memutuskan bahwa fokus bantuan yang akan diberikan kepada pengungsi Rohingya adalah makanan—terutama makanan untuk ibu dan anak, bantuan umum, serta air dan sanitasi bersih atau Wash (water and sanitation hygiene).

Ketiga, perencanaan dan mekanisme pendistribusian bantuan. Rapat ini juga memutuskan titik-titik kamp pengungsi mana saja yang memungkinkan untuk dilakukan pendistribusian bantuan agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran.

Terakhir, koordinasi dengan pihak terkait. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan izin dan legalitas dalam pemberian dan penyaluran pemberian bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya. Terkait hal ini, Indonesia Humanitarian Alliance (IHA) melakukan nota kerjasama dengan berbagai pihak mulai dari kedutaan Indonesia hingga dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait. 

IHA berharap, program bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya ini bisa berjalan berkesinambungan, bukan hanya berlangsung sementara waktu saja. (Red: Mahbib/NU Online)
Advertisement

Advertisement