Sabtu, 30 September 2017

Hasil Survey: Mayoritas yang Percaya PKI Bangkit lagi adalah Pendukung PKS dan Gerindra

MusliModerat.net - Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mengungkap bahwa mayoritas publik tidak percaya isu PKI bangkit. Di antara sedikit yang percaya, mayoritas adalah pendukung PKS dan Gerindra di Pileg 2014 serta Prabowo Subianto di Pilpres 2014. 

Survei ini dilakukan kepada 1.220 responden yang dipilih dengan cara random (multistage random sampling). Margin error 3,1 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden yang terpilih diwawancarai lewat tatap muka.

Survei dirilis pada Jumat (29/9/2017). Responden ditanya pendapatnya soal isu PKI telah bangkit lagi.


Ada 37% pemilih PKS yang percaya bahwa saat ini sedang terjadi kebangkitan PKI. Presentase itu adalah yang paling tinggi dan diikuti dengan 20% pemilih Gerindra yang percaya PKI kini bangkit lagi. 

Urutan berikutnya terkait pemilih partai yang percaya PKI kini bangkit lagi adalah PAN 18%, Hanura 17%, PPP 16%, Demokrat 14%, PDIP 11%, PKB 11%, NasDem 6% dan Golkar 6%.

Survei SMRC juga memperlihatkan bahwa 19% pendukung Prabowo-Hatta di Pilpres 2014 percaya bahwa saat ini sedang terjadi kebangkitan PKI. Sementara itu, ada 10% pendukung Jokowi-JK yang percaya hal itu. 

"Opini masyarakat tentang adanya kebangkitan PKI cukup beririsan dengan pendukung Prabowo, dan dengan beberapa pendukung partai politik, terutama PKS dan Gerindra," demikian kesimpulan dari Survei SMRC. 
(imk/tor/detikcom)
Advertisement

Advertisement