Sabtu, 02 September 2017

Habib Luthfi bin Yahya: Indonesia Tidak Konflik Sepeti Timur Tengah Karena ada NU

MusliModerat.net - Semasa mondok di Giren Talang Tegal tahun 63-66 Abah Habib Luthfi Bin Yahya sering silaturrahim ke Jembayat Margasari, ke Kiai Ibrahim. Di tahun itu juga awal Habib Luthfi diperintah berdakwah ke Desa Dukuh Salam dan Jembayat oleh sang guru (Kiai Said bin Armiya), Habib Ali bin Muhammad al-Haddad dan Habib Husain BSA. Habib Luthfi pula yang turut menjaga Kiai Said dari incaran PKI. Habib Luthfi menuturkan bahwa Mbah/Syaikh Qomaruddin adalah ulama yang membabat tanah Jembayat Margasari Tegal.

Haul pertama Kiai Armiya yang melaksanakan adalah Kiai Said. Habib Luthfi waktu itu yang biasa menemani Kiai Said ke Cikura. Bahkan Habib Luthfi yang menyembelihkan kambingnya langsung. Berangkat bersama sang guru mendaki pegunungan dengan naik kuda milik Haji Syafi'i.

Orang luar negeri pernah heran dan bertanya, kenapa Indonesia masih tenang sedangkan di Timur Tengah dilanda konflik? Jawabannya satu, "Karena di Indonesia ada NU." Jawab Habib Luthfi Bin Yahya.
Masih menurut Abah Habib, dulu sewaktu Sunan Ampel mondok di Madinah pernah bertemu Kanjeng Nabi Saw. (yaqadzatan) dan berpesan, "Ya Ahmad (Rahmatillah Sunan Ampel), tolong bawa Ahlussunnah wal Jama'ah ke Indonesia."
(Dikutip dari ceramahnya Kiai Syamlawi/Syome Ahsien saat Haul Ulama dan Sesepuh Jembayat Margasari)
Dishare dari Ust Syaroni As-Samfuriy

Advertisement