Kamis, 28 September 2017

Geram dengan Maraknya Intoleransi, Para Pemuka Agama Sampaikan Deklarasi di PBNU

MusliModerat.net - Para pemuka lintas agama yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu mengadakan mengadakan Sarasehan Lintas Agama bertema "Merawat Kebhinekaan Menumbuh kembangkan Toleransi Antarumat Beragama dan Menolak Gerakan Intoleran" di gedung PBNU, Jakarta, Rabu (27/9). 

Setelah dibuka Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, para pemuka agama menyampaikan kesepakatan bersama. Kesepakatan itu dibacakan Mustholihin Madjid. Berikut ini isinya:

Kami umat beragama di Indonesia, sepakat berkomitmen untuk konsisten menjunjung toleransi antarumat agama dan senantiasa saling menghormati.

Kami umat beragama di Indonesia, sepakat menjaga Pancasila sebagai ideologi negara serta mengamalkan dalam keteladanan sikap.

Kami umat beragama di Indonesia, sepakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk final untuk bangsa dengan nilai-nilai kebinekaan sebagai acuan berbangsa dan bernegara.

Kami umat beragama di Indonesia, sepakat membangun ekonomi bersama untuk kesejahteraan umat menuju kemaslahatan warga yang makmur dan beradab.

Kami umat beragama di Indonesia, sepakat menjaga keseimbangan, menolak sikap intoleran menghilangkan kesenjangan sosial demi kemaslahatan berbangsa.

Jakarta, 27 September 2017
(Abdullah Alawi/NU Online)
Advertisement

Advertisement