Senin, 04 September 2017

Dituduh Tak Peduli Muslim Rohingnya, Indonesia Bangun Rumah Sakit dan Sekolah di Rakhine Myanmar

MusliModerat.net - Ada beberapa oknum anggota DPR yang nyinyir terhadap pemerintah, kenapa pemerintah tidak respon atas Rohingnya? kata mereka, padahal pada kenyataannya Komitmen Indonesia membantu warga Rohingnya di Rakhine, Myanmar tak perlu diragukan lagi. Di antaranya Indonesia saat ini sedang membangun rumah sakit dan telah membangun sebanyak enam unit sekolahdi Rakhine.

"Saat ini kita sedang mulai membangun sebuah rumah sakit," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Program Primetime News Metro TV, Sabtu 2 September 2017.Retno mengungkapkan upaya konkret Indonesia terkait Rohingnya sudah cukup lama. Terutama pascaperistiwa yang terjadi di Rakhine pada Oktober 2016.

"Pada Januari (2017) saya bersama dengan LSM-LSM Kemanusiaan Indonesia, berada di lapangan, di Rakhine state, untuk menyampaikan bantuan Indonesia," ucap dia.

Sejauh ini, lanjut Retno, Indonesia telah membangun sebanyak enam unit sekolah di Rakhine. Termasuk pemberian capacity building terkait kesehatan dan pendidikan kepada warga setempat.

"Sehingga ada empowerment di level grass root," ucap dia.

Pada Senin 4 September 2017 besok, Menlu Retno dijadwalkan bertemu dengan State Counselor Myanmar Aung San Suu Kyi dan pejabat pemerintahan Myanmar lainnya. Dalam pertemuan bilateral tersebut, Retno akan membahas solusi terbaik untuk mengakhiri tragedi Rohingya dan konflik di Rakhine secara keseluruhan.


(DHI/mm)
Advertisement

Advertisement