Jumat, 08 September 2017

Di Tahun Ini, Pemerintah Sudah Kirim 10 Kontainer Bantuan Ke Rakhine

MusliModerat.net - Presiden Joko Widodo mulai menunjukkan aksi nyata dalam menangani krisis kemanusiaan yang terjadi di Rakhine, Myanmar.

Salah satunya, dengan mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak, termasuk Sekjen PBB Antonio Guterres, dan Komisi Penasehat Khusus untuk Rakhine State Kofi Annan.

Selain itu, Menlu juga diutus untuk berangkat ke Dhaka, Bangladesh dalam rangka menyiapkan bantuan kemanusiaan yang diperlukan pengungsi rohingya yang berada di Bangladesh. 

"Diharapkan minggu ini, pemerintah akan mengirim lagi bantuan makanan dan obat-obatan," tegas Joko Widodo dalam pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (3/9) malam. 

Dalam kesempatan itu, Joko Widodo menegaskan bahwa sejak awal tahun ini, pemerintah telah mengirim bantuan makanan dan obat-obatan ke Rakhine sebanyak 10 kontainer.

"Pemerintah juga telah membangun sekolah di Rakhine State dan segera akan membangun rumah sakit yang akan dimulai pada bulan Oktober," terangnya. 

Lebih lanjut, Presiden yang didampingi Menko Polhukam Wiranto, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) A.M. Fachi menegaskan bahwa kekerasan yang menimpa etnis rohingya di Myanmar harus dihentikan.

"Sekali lagi, kekerasan, krisis kemanusiaan ini harus segera dihentikan," tegas Jokowi mengakhiri pernyataannya. [ian/rmol.co]

Advertisement