Jumat, 08 September 2017

[Breaking News] Tsunami Terjadi di Meksiko Usai Gempa 8 Magnitudo

Pusat titik gempa di MeksikoMusliModerat.net - Tsunami dilaporkan terjadi di Meksiko usai gempa besar berkekuatan 8 magnitudo yang mengguncang negara tersebut.
Menurut laporan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) gelombang tsunami setinggi 0,7 meter sejauh ini telah tiba di Meksiko.
Sebelumnya usai gempa sebesar 8 magnitudo, PTWC mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa negara. Termasuk di antaranya adalah Meksiko, Guatemala, Panama, Honduras, dan Ekuador.

Pemerintah Meksiko mengimbau warga untuk tidak panik. Pasalnya, tsunami yang datang diperkirakan tidak akan besar dan berbahaya.
Menurut Lucy Jones, ahli seismologi di California yang juga staf Survei Geologi AS (USGS), warga Pasifik tidak perlu panik karena tsunami yang tercipta hanya kecil.

"Akan ada tsunami kecil bergerak ke barat daya. (Ketinggiannya) tidak akan meningkat dan berdampak pada California atau Hawaii," ujar Jones yang dikutip dari Associated Press.
"Untuk pembentukan tsunami, (gempa) 8 relatif kecil," lanjut dia lagi.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa di Meksiko terjadi karena subduksi lempeng Cocos menunjam ke bawah lempeng Amerika Utara, tepatnya di palung Amerika Tengah, "kemudian terjadi patahan slab lempeng tektonik yang akhirnya memicu gempa."
Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan berdasarkan hasil pemodelan tsunami, menunjukkan bahwa tsunami akibat gempa Meksiko tidak berdampak bagi wilayah Indonesia.

"Kepada masyarakat di wilayah Indonesia timur dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Daryono.
Badan Survei Geologi AS (USGS) mengatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 8 magnitudo, pusat gempa berada 165 kilometer barat Tapachula di negara bagian Chiapas, tidak jauh dari Guatemala. Pusat gempa di kedalaman 35 kilometer.

Sumber: Kumparan.com