Selasa, 22 Agustus 2017

Waspada Jelang Idul Adha, Banyak Sapi Modifikasi yang Terlihat Gemuk dan Bagus

MusliModerat.net -  Menjelang Hari Raya Idul Adha, permintaan hewan ternak untuk kurban dipastikan meningkat. Namun, masyarakat dan peternak diminta untuk berhati-hati dalam membeli hewan.

Berdasarkan temuan petugas dari Dinas Pertanian Bondowoso, saat ini sudah mulai banyak kecurangan yang dilakukan pedagang ternak untuk meraup keuntungan yang besar.

"Ada sejumlah modus yang digunakan oleh penjual ternak untuk mengakali hewan sakit agar mudah laku di pasaran," kata Kepala Dinas Pertanian Bondowoso, Munandar, Selasa (22/8/2017).

Menurut Munandar, pihaknya sudah menerjunkan tim khusus yang bekerja ekstra menjelang Idul Adha. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir adanya penjual yang curang.

"Kami akan terus melakukan pemantauan di Rumah Potong Hewan (RPH), serta di pasar hewan langsung," jelas Munandar.

Informasi yang didapat, ada sejumlah pedagang nakal yang suka memanipulasi sapi yang sakit. Yakni dengan menjahit bagian dubur agar tak terlihat kalau sapi itu sebenarnya sakit.

Tak hanya itu saja. Ada pula pedagang yang menyambung ekor sapi yang putus menggunakan lem, melumuri badan ternak dengan minyak agar terlihat mengkilat.

Bahkan, ada yang memberi makan hewan ternak tersebut dengan lumpur agar terlihat gemuk, hingga mengecat bulu agar terlihat seperti hewan hasil kawin silang.

Modus itu biasanya baru diketahui setelah peternak melaporkan kepada petugas di Puskeswan atau kepada mantri hewan beberapa hari setelah hewan dibeli.

"Tapi sampai saat ini kami masih kesulitan mendeteksi dan menemukan tempat hewan – hewan ini dimodifikasi," pungkas Munandar.
(fat/fat/detikcom)

Advertisement

Advertisement