Minggu, 27 Agustus 2017

Walaupun Keduanya Kader NU, PBNU Netral Tak Dukung Khofifah atau Gus Ipul

MusliModerat.net - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyatakan bersikap netral terhadap dua kadernya yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) pada 2018.

"Saya secara pribadi maupun struktural NU bersikap netral. Siapa pun nanti yang menang di Pilkada Jatim 2018, itulah kader NU yang akan kami dukung," katanya, dalam kesempatan di Surabaya, Sabtu (26/8)

Seperti dilansir Antara, pernyataan tersebut ditujukan kepada dua kader NU yang telah menyatakan mencalonkan diri dalam Pilkada Jatim 2018, yaitu Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa.

Saifullah Yusuf yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur, menjabat sebagai salah satu ketua di struktur kepengurusan PBNU. Sedangkan Khofifah Indar Parawansa yang saat ini menjabat Menteri Sosial menjabat Ketua Umum Muslimat NU.
Saifullah Yusuf secara resmi telah dideklrasikan Partai Kebangkitan Bangsa sebagai calon gubernur di Pilkada Jatim 2018. Sementara Khofifah telah menyatakan kesediaannya maju Pilkada Jatim 2018 namun hingga kini masih berkonsolidasi dengan sejumlah partai politik yang akan berkoalisi mengusungnya.

Said menegaskan baik secara struktural NU maupun pribadi tidak mendukung Khofifah ataupun Gus Ipul. Dia menyatakan sikap yang sama terhadap Pilkada Jatim 2018 akan diterapkan oleh struktural pengurus di lembaga dan badan otonom NU.

"Ansor harus netral, Banser harus netral. Yang tidak berpolitik harus netral," katanya, menegaskan. (asa/cnn)
Advertisement

Advertisement