Senin, 21 Agustus 2017

Sempat Menolak Peserta, Kaderisasi Banser di Sukaresmi Diikuti 1160 Orang

MusliModerat.net - Sebanyak 1160 orang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar XVIII dan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser XIV yang dilaksanakan oleh Pimpinan Anak Cabang Ansor Sukaresmi di Pesantren Fauzan 1, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, mulai Jumat (18/8)  hingga (20/8).

Ketua Ansor Kabupaten Garut R. Abdullah Badar mengatakan, dengan jumlah yang sebanyak itu, menjadikan PKD XVIII dan Diklatsar XIV kali ini adalah PKD dan Diklatsar dengan jumlah terbanyak se-Indonesia yang digelar tingkat Anak Cabang. "Ya, terbanyak. Lebih dari seribu. Luar biasa," katanya ditemui di lokasi acara.

Besarnya antusias dari peserta Diklatsar dan PKD, sehingga Rd. Abdullah Badar menginstruksikan agar peserta yang terlambat datang untuk berlapang dada mengikuti Diklatsar dan PKD tahun depan. Karena, jika diterima, maka jumlahnya akan mencapai 1500 lebih. Dan hal tersebut tidak akan efektif dalam proses kaderisasi. "Mohon maaf. Sudah ditutup. Saya mendengar ada beberapa dari wilayah lain yang akan ikut. Tapi sudah, lain kali aja," kata Badar.

Untuk memudahkan pembinaan, khususnya Diklatsar Banser, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil. "Kami juga mengundang pelatih dari Kabupaten lain untuk membantu Diklatsar yang diadakan di sini," ujar Badar.

Badar melanjutkan, PKD dan Diklatsar kali ini sejatinya adalah rangkaian kaderisasi terakhir dalam periode tahun ini. "Tapi masih ada PAC yang akan melaksanakan Diklatsar, yaitu Kecamatan Limbangan. Namun, tanpa PKD," lanjutnya.

Terpantau di lapangan, hadir Ketua Umum PP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, Komandan Balantas Satkornas Banser Abdullah Hafidz, Kepala Sekolah Ansor Jawa Barat H. Subhan Fahmi, Kasatkorwil Banser Jabar Yudi Nurcahyadi, dan hampir semua pengurus harian Ansor Kabupaten Garut. (Muhammad Salim/Abdullah Alawi/NU Online)
Advertisement

Advertisement