Jumat, 25 Agustus 2017

Kiat Menghindari Ghibah menurut Imam Al-Ghazali

MusliModerat.net - Ghibah (bergunjing) adalah membicarakan aib atau kekurangan dan kelemahan orang lain, termasuk menjelek-jelekkan atau istilah populernya "Gosip atau bullying".

"Hai orang orang yang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah Maha penerima taubat lagi Maha penyayang."(QS. Al Hujurat :12).

Dan adapun KIAT MENGHINDARI GHIBAH
Bagaimana kiat menghindari ghibah? Al-Ghazali memberikan sejumlah kiat.
Pertama, dengan mengingat beratnya dosa atau adzab bergunjing. Misalnya mengingat selalu hadits "Sesungguhnya ghibah itu akan menghanguskan kebaikan seseorang lebih cepat daripada jilatan api atas kayu bakar".
Kedua, dengan merenungi aib atau kejelekan/kekurangan diri sendiri. Dengan begitu kita akan sibuk memperbaiki aib sendiri dan mengabaikan aib orang lain (tidak suka bergunjing).
Menurut al-Ghazali, jika kita telanjur bergunjing, bergegaslah beristighfar, lalu meminta maaf orang yang kita gunjingkan. Kalau tidak bisa bertemu dengan orang itu, banyaklah memujinya dan mendoakan serta menyebut kebaikannya.

Semoga kita terhindari dari dosa besar ghibah ini. Amin! Wallahu a'lam bish-shawabi.
Advertisement

Advertisement