Jumat, 18 Agustus 2017

KH Ma'ruf Amin, Abuya Mutadi dan Habib Lutfi Datang di Doa TNI 17 17 17

MusliModerat.net - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar acara doa bersama dengan tajuk 17 17 17 dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut digelar di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (17/8).

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, telah hadir Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin, Abuya Muhtadi dan Mustasyar PBNU Habib Lutfi Bin Yahya.

Gatot jalan beriringan dengan Kiai Ma'ruf dan Habib Lutfi bersama rombongan perwira tinggi serta ulama lainnya. Mereka langsung menuju panggung utama.
Kiai Ma'ruf dalam sambutannya, mengajak masyarakat untuk bersyukur karena Indonesia diberi kemerdekaan pada 72 tahun silam.

"Kita patut bersyukur, karena kita diberi kemerdekaan. Kita peringati ke-72. Kemerdekaan ini adalah perjuangan para pahlawan," kata Kiai Ma'ruf.

Menurut Kiai Ma'ruf, bangsa Indonesia mesti bersyukur karena punya dasar negara yang bisa diterima seluruh lapisan masyarakat, yakni Pancasila. Dia menyebut bangsa Indonesia yang majemuk ini bisa dipersatukan dalam kebhinekaan.

"Bangsa yang majemuk jadi satu di bawah Bhinneka Tunggal Ika dan dasar Pancasila," tuturnya.

Penganut Agama 

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Wuryanto menyatakan gelaran doa ini bertemakan 'Indonesia Lebih Kasih Sayang'. Ada sekitar 8.500, yang terdiri dari tokoh agama, anggota TNI dari tiga angkatan.

Selain itu, kata Wuryanto doa juga dilakukan dari penganut agama Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu, yang dipimpin oleh pemuka agama masing-masing.

"Pelaksanaan Doa Bersama 17 17 17 dan Muroja’ah dilaksanakan di Plaza Mabes TNI untuk yang beragama Islam; Kristen Protestan dan Katolik di Plaza Mabes TNI AU; Hindu di Pura Ade Shaka Dharma Mabes TNI AL dan Budha di Gedung Balai Wartawan Puspen TNI Cilangkap," ujarnya.
(asa/asa/cnnindonesia.com)

Advertisement