Kamis, 24 Agustus 2017

Inilah Alasan Menag Lukman Hakim Saifuddin tak Pernah Menghajikan Keluarganya

MusliModerat.net - Tak heran kenapa Lukman Hakim Saifuddin tidak pernah memberangkatkan keluarganya untuk naik haji selama menjabat sebagai Menag. Karena didikan keluarganya yang sederhana serta tidak pernah memanfaatkan fasilitas sebagai pejabat negara untuk kepentingan pribadi dan keluarga. Dulu KH. Saifuddin Zuhri, ayahanda dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, adalah tokoh panutan. Ketika menjabat sebagai Menag ke-9 (1962-1967) pada Kabinet pemerintahan Presiden Sukarno, ia dikenal tidak mau memanfaatkan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi.

Ia pernah menolak menghajikan adik iparnya, Mohammad Zainuddin Dahlan dengan biaya dinas dari Departemen Agama ketika ia menjabat sebagai Menag pada saat itu.
"Sebagai orang yang sudah banyak berjasa, memang selayaknya Departemen menghajikanmu. Apalagi kamu juga pernah berjuang dalam perang kemerdekaan. Namun ada satu hal yang menyebabkan saya tidak mungkin membantumu pergi haji melalui Departemen yang aku pimpin ini. Yaitu ‎karena kamu adik iparku. Coba jika kamu itu orang lain, sudah lama aku hajikan, " ujar KH. Saifuddin Zuhri.

Atas sikap kesatria Zainuddin Dahlan, penolakan kakak iparnya itu tidak membuatnya sakit hati dan membencinya. Malahan, sikap tersebut membuat Zainuddin bangga masih ada pejabat negara yang tak aji mumpung memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadinya. (Dishare dari Nasuri Suchi)
Advertisement

Advertisement