Kamis, 17 Agustus 2017

Diundang Presiden Jokowi, Empat Warga Baduy ke Istana tanpa Alas Kaki

MusliModerat.net - Merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Istana Merdeka menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Mursyid. Mursyid, satu dari empat warga Baduy yang diundang Presiden Joko Widodo.

Untuk memenuhi undangan Presiden, Mursyid langsung menuju Jakarta dengan menggunakan Kereta Api Rel Listrik (KRL). Dia berangkat bersama tiga orang lainnya, Arief, Nad, dan Damar.

"Ini pertama kali ke Istana Presiden. Seneng Banget," kata Mursyid di Istana Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 17 Agustus 2017.

Tanpa alas kaki, mereka tiba di Istana Kepresidenan. Awalnya mereka khawatir kalau penjaga tidak mengizinkan mereka masuk.

"Ternyata boleh masuk. Karena memang adat dan tradisi kami kan tidak boleh pakai alas kaki," ucap Nad.

Mereka masuk dengan mengenakan pakaian serba hitam, mulai dari baju hingga celana. Tak lupa, dia mengenakan ikat kepala khas Baduy Luar.

Tiga tahun lalu, salah satu orang tua mereka yang merupakan warga Baduy Dalam juga sempat menjadi tamu undangan Istana. "Sekarang yang diundang yang muda-muda," pungkasnya.

Tak hanya adat Baduy, tampak pula adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Mulai dari adat Jawa Tengah, Timur, Aceh, hingga Papua. [metrotvnews.com]
Advertisement

Advertisement