Selasa, 15 Agustus 2017

Bendera Merah Putih 1.000 Meter Mengelilingi Kampung di Pekalongan

MusliModerat.net - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72, warga di Gang 23 Pekajangan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, memasang bendera merah putih sepanjang 1.000 meter tanpa putus. 

Bendera tersebut mengelilingi pemukiman di kampung Pekajangan. Selain bendera, warga juga menempatkan gambar para tokoh pahlawan di setiap jalan kampung.

Bendera sepanjang 1.000 meter dengan lebar 1,2 meter itu, menutupi atas gang atau jalan kecil di perkampungan Pekajangan. Pemasangan bendera membutuhkan waktu hampir sepekan untuk memasang bendera 1.000 meter ini.

"Ini kami melakukan iuran warga untuk membuat bendera. Sebenarnya kami buat lebih dari seribu meter. Namun terpasang seribu meter keliling kampung," kata Baehaqi (29) tokoh pemuda setempat, Senin (14/8/2017).

Menurut Baehaqi, pemasangan bendera 1.000 meter ini, ditujukan sebagai pengikat persatuan dan kesatuan. Tujuannya untuk mengingatkan kembali bahwa Indonesia itu satu bendera yaitu merah putih.

"Ini sebagai simbol persatuan dan kesatuan yang tidak akan putus selama bendera merah putih masih berkibar di Republik Indonesia," jelasnya.

Selain bendera panjang, para pemuda setempat juga memajang foto-foto tokoh pahlawan dan Presiden RI dari yang pertama hingga yang ketujuh. Warga juga memasang teks proklamasi di perempatan gang.

"Pemasangan para tokoh pahlawan ini, untuk mengingatkan warga,akan perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia," tambah Miftah, selaku Ketua Pemuda Pekajangan Gang 23. 

Menurut Miftah, ide bendera 1.000 meter tersebut berasal dari para pemuda setempat dan mendapat dukungan warga lain sehingga langsung mengumpulkan iuran sukarela setiap warga untuk membentangkan bendera sepanjang 1.000 meter.
(detikcom)
Advertisement

Advertisement