Senin, 21 Agustus 2017

Alhamdulillah, NU Cabang Tiongkok Segera Dibentuk, Islam Nusantara akan Bergema Disana

MusliModerat.net - Ketua PBNU H. Robikin Emhas mengikuti proses musyawarah pembentukan Pengurus Cabang Istimewa negara Tiongkok pada Ahad (20/8). Turut hadir dalam acara tersebut Mustasyar PBNU KH Tolchah Hasan dan Konjen Tiongkok Peng Jimu.

Pada Kesempatan tersebut, Robikin Emhas meminta PCINU Tiongkok yang akan dibentuk untuk menyebarkan Islam Nusantara di negara tersebut. Islam yang harus disebarkan, menurut dia, adalah Islam menjadikan budaya sebagai infrastruktur agama, bukan yang memperhadapkan antara tradisi dan budaya masyarakat dengan agama. 

“Tentu saja sejauh tradisi dan budaya yang ada tidak bertentangan dengan hukum atau syariat Islam,” tegas Ketua PBNU Bidang Hukum itu. 

Menurut dia, Tiongkok adalah salah satu negara berpengaruh di dunia, khususnya di bidang ekonomi. 

“Dengan berdirinya NU di Tiongkok, kami berharap Tiongkok menjadikan Islam washathiyyah (moderat) sebagaimana dianut mayoritas penduduk Indoensia sebagai prereferensi utama dalam melihat Islam di dunia,” katanya ketika dihubungi NU Online dari Jakarta. 

Robikin menegaskan, warga Tiongkok tidak usah khawatir dengan kehadiran organisasi yang didirikan para kiai di Surabaya pada 1926 tersebut. Karena, NU berwawasan Islam yang moderat dengan mengedapankan kedamaian. 

“Untuk itu Pak Konjen dan masyarakat Tiongkok tidak usah kuatir, tidak perlu takut dengan kehadiran NU di Tiongkok. Karena kehadiran NU justru akan meningkatkan kehidupan yang harmonis di tengah masyarakat," demikian pesannya disambut tepuk tangan hadirin dan Peng Jimu. (Abdullah Alawi/NU Online)

Advertisement

Advertisement