Selasa, 18 Juli 2017

Terkait HTI, MUI : “Dia Saudara Kita, Tapi Dalam Kenegaraan Mereka Sesat”

MusliModerat.net - Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembal menegaskan bahwa khilafah bertentangan dengan konsep ideologi Pancasila dan NKRI. MUI menganggap anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) adalah saudara seperti ormas Islam lainnya, namun dalam konteks bernegara HTI sesat.
“Dia saudara kita, tapi di dalam konteks kenegaraan (mereka) sesat,” kata Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi MUI, Masduki Baidlowi, saat menjadi pembicara dalam seminar nasional bertajuk Penerapan Konsep Khilafah Bertentangan dengan Maqashid Syariah di Bumi Pancasila dan NKRI yang diselenggarakan oleh Mejelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) Pusat di Hotel Gren Alia Jakarta, Selasa (16/5/2017) sore.
Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PBNU ini, dalam memahami konsep khilafah tidak boleh menggunakan pendekatan yang tekstual dan parsial, karena hal ini bisa sangat berbahaya. Karena itu, konsep khilafah harus dipahami secara manhaji dan metodologis. Masduki menilai, khilafah adalah hasil ijtihat ulama dahulu di dalam mengelola pemerintahan.
Di wilayah Timur Tengah sendiri konsep khilafah sudah ‘tidak laku’ untuk ditawarkan karena negara-negara modern telah mengadopsi sistem negara bangsa di dalam mengelola pemerintahannya.
“Kenapa HTI tidak laku di Timteng? Karena seluruh negara sudah mengadopsi konsep negara bangsa,” jelasnya.
Terkait pembubaran HTI yang dilakukan pemerintah, Masduki mendukungnya, namun harus dilakukan sesuai dengan undang-undang.
“Kalau mau membubarkan, harus sesuai dengan Undang-Undang. Yaitu ada teguran-teguran terlebih dahulu. Ini adalah negara hukum,” tukasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)
Advertisement

Advertisement