Sabtu, 29 Juli 2017

Bupati Pasuruan Minta PNS yang Terindikasi HTI Segera Bertobat

MusliModerat.net - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menyerukan kepada seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan yang terindikasi terlibat dalam organisasi penentang Pancasila, segera bertobat.

Hal itu disampaikan di sela-sela pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan 188 pejabat di Pendopo Nyawiji Ngesthi Wenganing Gusti, Pasuruan, Jumat (28/7/2017).

"Saya minta segera ada pertobatan, kembali ke jalan yang benar. Kembali mengakui Pancasila dan NKRI," kata Irsyad Yusuf.

Pihaknya mengaku terus melakukan pemantauan dan pengawasan baik melalui para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya Bakesbangpol terhadap ASN yang terindikasi terlibat dalam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Tapi saat ini masih belum ada. Kalau indikasi-indikasi ada. Akan dilakukan pembinaan," imbuh pria yang akrab disapa Gus Irsyad ini.

Pihaknya juga mendapat masukan dari banyak kalangan tentang keberadaan ASN yang terindikasi terlibat dalam ormas penentang Pancasila. Termasuk informasi adanya ASN yang enggan menghormat bendera Merah Putih dengan alasannya haram. 

"Mereka yang seperti itu akan dibina lebih dulu. Namun untuk saat ini masih belum ada laporan yang masuk dari elemen masyarakat. Saya persilakan jika ada yang tahu seperti itu, langsung laporkan dan akan diambil tindakan tegas," tandasnya.

Sementara 188 pejabat yang dilantik dan diambil sumpah antara lain 2 pejabat Eselon II (Pejabat Pimpinan Tertinggi Pratama), 26 pejabat Eselon III (Administrator) dan 160 pejabat Eselon IV (Pengawas Aparatur Sipil Negara). 

Gus Irsyad mengatakan, pelantikan tersebut dalam rangka menyesuaikan peraturan, juga untuk memberikan penyegaran dan mengisi jabatan yang kosong, khususnya pada jabatan Administrator dan Pengawas ASN. 

"Setiap 3 bulan sekali seluruh pejabat akan dievaluasi, dengan harapan akan muncul nilai atau skor prestasi yang mengarah pada maju atau mundurnya inovasi dan kinerja dari semua SKPD atau lingkup di bawahnya," terangnya.

Bersama Baperjakat, ia akan terus memacu semua instansi sampai lini bawah, agar terus memompa diri untuk jauh lebih baik. 
(iwd/iwd) detikcom
Advertisement

Advertisement